Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Keutamaan 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan: Momen Berkah dan Ampunan

Dalam agama Islam, bulan Ramadhan adalah waktu yang sangat istimewa di mana umat muslim diberikan kesempatan untuk mendapatkan ampunan, berkah, dan keberkahan. Di tengah-tengah bulan yang penuh dengan keutamaan ini, terdapat 10 hari pertengahan yang memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan memahami keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadhan, kita dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

10 hari kedua bulan Ramadhan ini memiliki keutamaan yang sama dengan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, yaitu merupakan waktu yang sangat berharga untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di bulan Ramadhan terdapat sepuluh hari yang adalah satu malam di antara malam-malam Lailatul Qadar.” Dengan demikian, setiap malam dari 10 hari pertengahan bulan Ramadhan memiliki potensi besar sebagai Lailatul Qadar.

Dalam menjalani 10 hari kedua bulan Ramadhan, terdapat beberapa amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan guna mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah. Pertama-tama, meningkatkan ibadah shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah, merupakan hal yang sangat penting. Shalat merupakan sarana utama untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampunan-Nya.

Selain itu, memperbanyak membaca Al-Qur’an juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan di dalam 10 hari pertengahan bulan Ramadhan. Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman bagi umat manusia, dan membacanya dengan penuh penghayatan akan meningkatkan keberkahan dan kebermaknaan ibadah kita. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Qur’an pada bulan Ramadhan, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan tersebut akan dilipatgandakan sepuluh kali lipat.” (HR. At-Tirmidzi)

Selain itu, memperbanyak sedekah, berbuat kebaikan, dan menahan diri dari perbuatan yang tidak baik juga menjadi amalan yang sangat dianjurkan di dalam 10 hari kedua bulan Ramadhan. Dengan berbagi rezeki kepada sesama, kita dapat membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan dan mendapatkan keberkahan dari Allah.

Melalui berbagai amalan yang dianjurkan di dalam 10 hari kedua bulan Ramadhan, kita berharap dapat memperoleh ampunan dan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Keberkahan dan ampunan ini akan memberikan kita ketenangan dan kebahagiaan di dunia serta pahala yang besar di akhirat. Oleh karena itu, mari manfaatkan waktu yang berharga ini dengan sebaik-baiknya dan berlomba-lomba untuk mendapatkan keridhaan Allah.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...