Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

4 Nasehat Sufi Ibrahim Bin Adham

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang hubungan kita dengan Allah, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai yang mendasar dalam kehidupan. Berikut adalah beberapa nasihat bijak dari Ibrahim bin Adham yang tetap relevan hingga saat ini:

1. Cinta yang Benar

Salah satu nasihat utama dari Ibrahim bin Adham adalah tentang cinta yang sejati. Ia mengingatkan kita bahwa hati kita harus mencintai apa yang Allah cintai dan membenci apa yang Allah benci. Terlalu sering, kita terjebak dalam cinta kepada dunia dan kesenangan duniawi yang sementara. Ibrahim bin Adham mengingatkan kita untuk fokus pada cinta kepada Allah, Rasulullah, dan amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Pengabulan Doa

Allah SWT telah menjanjikan pengabulan doa bagi mereka yang berdoa dengan tulus. Namun, Ibrahim bin Adham mengingatkan kita bahwa ada faktor-faktor dalam hati dan perilaku kita yang dapat menghambat pengabulan doa. Doa yang efektif memerlukan komitmen untuk memenuhi hak-hak Allah, mengamalkan ajaran-Nya, dan menjauhi godaan setan. Ini adalah panggilan untuk menjaga hubungan yang kuat dengan Allah agar doa kita dikabulkan.

3. Prioritas yang Benar

Ibrahim bin Adham juga memberikan nasihat tentang prioritas dalam kehidupan. Ia mengingatkan kita tentang tiga hal yang paling mulia di akhir zaman: memiliki teman yang mendukung dalam perjalanan spiritual, mengusahakan harta yang halal, dan berani menyatakan kebenaran di hadapan penguasa. Ini adalah pengingat penting tentang nilai-nilai yang seharusnya menjadi landasan dalam hidup kita.

4. Amal yang Berat di Timbangan

Ibrahim bin Adham mengingatkan kita bahwa amal terberat dalam timbangan amal di akhirat adalah yang paling memberatkan badan. Ini mengingatkan kita bahwa amal-amal yang dilakukan dengan keikhlasan dan usaha sungguh-sungguh adalah yang paling berharga di mata Allah.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam dunia yang sering kali penuh dengan godaan dan distraksi, nasihat-nasihat Ibrahim bin Adham adalah pengingat yang berharga tentang pentingnya menjaga hati yang tulus kepada Allah, menjalani hidup dengan prioritas yang benar, dan berusaha untuk mengabdi kepada-Nya dengan penuh keikhlasan. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari nasihat-nasihat bijak ini dalam perjalanan spiritual dan kehidupan sehari-hari kita.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...