Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Kisah Raja Kisra dan Kakek Tua yang Menanam Pohon

Dalam kehidupan ini, seringkali kita diberi pelajaran berharga melalui kisah-kisah yang menginspirasi. Salah satu kisah yang mencerminkan nilai-nilai kebaikan dan ketenangan batin adalah kisah tentang Raja Kisra dan seorang kakek tua yang menanam pohon. Kisah ini tidak hanya menyentuh hati, tetapi juga memberikan pelajaran tentang pentingnya kebaikan, kesabaran, dan harapan dalam menghadapi kehidupan.

Diceritakan bahwa pada suatu waktu, di sebuah kerajaan yang jauh, hidup seorang raja yang bijaksana, Raja Kisra. Meskipun memiliki kekayaan dan kekuasaan yang besar, Raja Kisra selalu merasa ada yang kurang dalam hidupnya. Ia merasa bahwa meskipun memiliki segalanya, tetapi ada kekosongan yang tidak dapat diisi oleh harta dan tahta.

Suatu hari, dalam perjalanannya di hutan, Raja Kisra bertemu dengan seorang kakek tua yang sedang sibuk menanam pohon. Kakek tua itu dengan penuh semangat dan kegembiraan menggali tanah dan menanam bibit pohon dengan penuh perhatian. Raja Kisra yang penasaran bertanya kepada kakek tua tersebut, “Wahai kakek, mengapa engkau menanam pohon di tengah hutan ini?”

Dengan senyum yang hangat, kakek tua itu menjawab, “Ya, baginda raja, aku menanam pohon ini untuk masa depan. Meskipun aku sudah tua, tetapi aku percaya bahwa menanam pohon adalah cara terbaik untuk memberikan manfaat kepada generasi mendatang. Meskipun aku mungkin tidak akan melihatnya tumbuh besar, tetapi aku percaya bahwa pohon ini akan menjadi warisan yang berharga bagi anak cucuku.”

Kata-kata kakek tua itu menyentuh hati Raja Kisra. Ia menyadari bahwa kebahagiaan sejati tidak hanya ditemukan dalam kekayaan dan kekuasaan semata, tetapi juga dalam kebaikan dan ketenangan batin. Raja Kisra belajar dari kakek tua itu bahwa memberi manfaat kepada orang lain dan meninggalkan warisan yang baik adalah tindakan yang lebih berharga daripada sekadar mengejar kepentingan pribadi.

Dengan hati yang penuh kerendahan, Raja Kisra meminta izin kepada kakek tua tersebut untuk membantu menanam pohon. Bersama-sama, mereka bekerja keras menanam bibit pohon di tengah hutan. Meskipun hanya sekadar satu pohon, tetapi tindakan kebaikan itu membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi keduanya.

Kisah tentang Raja Kisra dan kakek tua yang menanam pohon mengajarkan kita beberapa pelajaran berharga. Pertama, kebaikan dan ketenangan batin dapat ditemukan dalam tindakan sederhana yang dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Kedua, memberi manfaat kepada orang lain adalah investasi terbaik yang dapat kita berikan untuk masa depan. Ketiga, kesabaran dan harapan adalah kunci untuk menghadapi tantangan dalam hidup.

Dalam kehidupan sehari-hari, mari kita mengambil inspirasi dari kisah ini untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Mari kita belajar untuk memberi manfaat kepada orang lain, bahkan jika itu hanya dengan tindakan sederhana. Dengan begitu, kita dapat menjadi sumber kebaikan dan kedamaian bagi dunia ini, seperti halnya Raja Kisra dan kakek tua yang menanam pohon.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...