Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Isra Mikraj: Bukti Kekuasaan Allah SWT yang Maha Agung

Peristiwa Isra Mikraj, perjalanan luar biasa Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke langit ketujuh, adalah bukti konkret akan kekuasaan Allah SWT yang maha agung. Di balik keajaiban dan misteri peristiwa ini terdapat banyak pelajaran dan bukti akan kebesaran-Nya yang tidak terhingga. Melalui Isra Mikraj, Allah SWT mengingatkan umat manusia akan kekuatan-Nya yang tak terbatas dan kebijaksanaan-Nya yang melampaui segala-galanya.

1. Penetapan Kekuasaan Allah SWT

Isra Mikraj menegaskan dengan tegas bahwa Allah SWT adalah pemilik kekuasaan yang mutlak atas seluruh alam semesta. Dengan memperlihatkan kemampuan-Nya untuk memperjalankan hamba-Nya melintasi langit-langit dan menembus batas-batas alam semesta, Allah SWT menunjukkan bahwa segala sesuatu di bawah kendali-Nya. Tidak ada yang terlalu sulit atau mustahil bagi Allah SWT, dan segala sesuatu tunduk kepada kehendak-Nya.

2. Manifestasi Kemahabesarannya

Isra Mikraj adalah salah satu manifestasi nyata dari kemahabesaran Allah SWT. Dalam peristiwa ini, Nabi Muhammad SAW menyaksikan berbagai keajaiban dan kebesaran penciptaan-Nya, mulai dari pemandangan surga yang indah hingga pertemuan langsung dengan-Nya di Sidratil Muntaha. Semua ini menggambarkan kemegahan dan kemuliaan Allah SWT yang tidak terbandingkan dengan apapun di alam semesta ini.

3. Pelajaran tentang Keyakinan dan Ketundukan

Perjalanan Isra Mikraj membutuhkan keyakinan yang teguh dan ketundukan yang total dari Nabi Muhammad SAW. Meskipun perjalanan itu penuh dengan kesulitan dan tantangan yang luar biasa, Nabi Muhammad SAW tetap mempertahankan keyakinan dan ketundukan kepada perintah Allah SWT. Hal ini mengajarkan kepada umat manusia pentingnya memiliki keyakinan yang kuat dalam menghadapi segala ujian dan perjalanan hidup.

4. Perintah Shalat sebagai Bentuk Penghormatan

Salah satu hikmah besar dari peristiwa Isra Mikraj adalah pemberian perintah shalat kepada umat Islam. Shalat bukan hanya sekadar kewajiban ritual, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan kepada Allah SWT. Melalui shalat, seorang Muslim mengakui kekuasaan dan kemuliaan Allah SWT, serta memperkuat ikatan spiritualnya dengan-Nya. Shalat juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh petunjuk serta kekuatan dalam menjalani kehidupan.

5. Pemahaman tentang Takdir dan Kehendak Allah SWT

Isra Mikraj mengingatkan umat Islam tentang kekuatan dan kebijaksanaan takdir Allah SWT. Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW disuguhi berbagai pemandangan dan cobaan yang menunjukkan kebijaksanaan-Nya dalam mengatur segala sesuatu. Hal ini mengajarkan kepada umat Islam bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak dan takdir Allah SWT, dan kita sebagai hamba-Nya harus menerima dengan tawakal dan berserah diri.

Kesimpulan

Isra Mikraj adalah bukti yang nyata akan kekuasaan Allah SWT yang maha agung. Melalui perjalanan luar biasa ini, Allah SWT memperlihatkan kebesaran-Nya yang tidak terhingga, memberikan pelajaran tentang keyakinan dan ketundukan kepada-Nya, memberikan perintah shalat sebagai bentuk penghormatan, serta mengingatkan umat Islam tentang kebijaksanaan takdir-Nya. Oleh karena itu, adalah kewajiban bagi setiap Muslim untuk memahami dan mengambil hikmah dari Isra Mikraj, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada Allah SWT. Semoga pemahaman ini memperdalam keimanan dan ketundukan kita kepada-Nya. Amin.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...