Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Adab Berdoa Menurut Ajaran Islam

Berdoa adalah pintu yang terbuka lebar bagi umat Islam untuk berkomunikasi dengan Allah, Sang Pencipta. Namun, dalam Islam, tidak hanya doa yang diucapkan yang diperhatikan, tetapi juga adab atau tata cara berdoa. Adab berdoa mencakup aspek sikap, niat, dan perilaku yang menggambarkan kehormatan dan penghormatan kita terhadap Allah. Berikut adalah beberapa aspek adab berdoa menurut ajaran Islam.

1. Niat yang Ikhlas

Sebelum memulai doa, sangat penting untuk memiliki niat yang ikhlas. Niat yang ikhlas berarti bahwa doa kita ditujukan hanya kepada Allah dan tidak ada yang lain. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya amal itu tergantung pada niat, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (HR. Bukhari-Muslim). Memastikan bahwa niat kita murni untuk mencari keridhaan Allah adalah langkah pertama dalam adab berdoa.

2. Berserah Diri dan Merendahkan Diri

Adab berdoa mencakup sikap berserah diri dan merendahkan diri di hadapan Allah. Merendahkan diri menunjukkan rasa takut dan kerendahan hati kita sebagai hamba di hadapan Sang Khalik. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesiapa yang merendahkan diri karena Allah, niscaya Allah akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim). Sikap rendah hati ini menciptakan keheningan dalam hati, mempersiapkan jiwa untuk menerima anugerah Allah.

3. Pemilihan Kata-kata yang Baik

Adab berdoa juga mencakup pemilihan kata-kata yang baik dan tulus. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan kepada umatnya untuk memilih kata-kata yang tepat dalam berdoa. Salah satu doa yang diajarkan beliau adalah, “Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia ini dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (HR. Muslim). Kata-kata yang dipilih dalam berdoa mencerminkan kebutuhan dan ketulusan hati yang terdalam.

4. Menghadap Kiblat dan Berwudhu

Saat berdoa, adab mencakup menghadap kiblat sebagai tanda kesatuan umat Islam dalam beribadah kepada Allah. Selain itu, berwudhu sebelum berdoa adalah tindakan suci yang menunjukkan kesiapan spiritual dan fisik kita dalam mendekati Allah. Hal ini menciptakan keadaan yang lebih bersih dan suci untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

5. Bersabar dan Tetap Berdoa

Adab berdoa juga mencakup kesabaran dan ketekunan. Allah berfirman dalam Al-Qur’an (Surah Al-Baqarah, 153): “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” Bersabar dalam berdoa menunjukkan keyakinan kita kepada Allah dan bahwa waktu-Nya adalah yang terbaik.

6. Berdoa untuk Kebaikan Semua Makhluk

Adab berdoa mencakup pula sikap kasih sayang dan kepedulian terhadap semua makhluk. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan untuk tidak hanya berdoa untuk diri sendiri, tetapi juga untuk seluruh umat manusia. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang tidak mengharapkan rahmat Allah, maka ia bukan dari golongan kami.” (HR. Bukhari). Berdoa untuk kebaikan semua makhluk mencerminkan kedermawanan dan kepedulian yang diajarkan oleh Islam.

Kesimpulan

Adab berdoa adalah bagian integral dari ibadah dalam Islam. Dengan memperhatikan aspek sikap, niat, dan perilaku, kita dapat mendekati Allah dengan penuh khusyuk dan penghormatan. Dalam merajut hubungan spiritual dengan Sang Pencipta, adab berdoa menjadi jembatan yang menghubungkan hati hamba dengan Kebesaran Allah. Melalui adab berdoa yang benar, kita dapat menemukan kekuatan, ketenangan, dan keberkahan dalam setiap doa yang kita panjatkan kepada Allah.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...