Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Kisah Percobaan Pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW

Sejarah Islam dipenuhi dengan peristiwa-peristiwa yang penuh makna, salah satunya adalah ketika Nabi Muhammad SAW menjadi sasaran percobaan pembunuhan. Meskipun musuh-musuhnya berusaha keras untuk merugikan dan membunuh beliau, Allah SWT senantiasa melindungi dan memelihara Rasulullah dari segala rancangan jahat mereka. Artikel ini akan mengulas peristiwa-peristiwa tersebut dan menggali hikmah yang dapat diambil dari pengalaman tersebut.

Percobaan Pembunuhan oleh Kaum Quraisy

Pada masa awal dakwah Rasulullah, kaum Quraisy melihat penyebaran Islam sebagai ancaman terhadap tradisi dan kepercayaan mereka. Para pemimpin Quraisy bersatu untuk merencanakan penghapusan Nabi Muhammad dan ajaran Islam yang dibawanya. Mereka tidak hanya menggunakan propaganda dan penyiksaan terhadap para pengikut Muslim, tetapi juga merancang rencana pembunuhan langsung terhadap Nabi.

Peristiwa Isra Mi’raj dan Perlindungan Ilahi

Salah satu percobaan pembunuhan paling terkenal adalah saat Isra Mi’raj, ketika Nabi Muhammad diangkat ke langit oleh Allah. Pada malam itu, Allah memberikan perlindungan yang luar biasa kepada Rasulullah dari upaya pembunuhan yang direncanakan oleh kaum Quraisy. Meskipun Nabi dikelilingi oleh musuh-musuhnya yang ingin membunuhnya, Allah memeliharanya dengan kekuatan-Nya dan mengantarkannya selamat ke langit.

Keajaiban Perlindungan

Meskipun terdapat berbagai upaya pembunuhan yang direncanakan oleh musuh-musuh Islam, Nabi Muhammad selalu dijaga dan dilindungi oleh Allah. Contohnya adalah peristiwa Hira, di mana seseorang bernama Abu Qahafa berusaha membunuh Nabi Muhammad dengan menyiramkan racun di makanan beliau. Namun, Allah segera memperingatkan Rasulullah tentang rencana jahat tersebut, dan beliau selamat dari bahaya.

Kebesaran Nabi dan Kesabaran

Pada setiap percobaan pembunuhan yang dihadapi, Nabi Muhammad menunjukkan kesabaran dan keteguhan iman yang luar biasa. Beliau tidak pernah melupakan tugas dakwahnya, bahkan di tengah-tengah ancaman dan bahaya yang datang dari musuh-musuh Islam. Kebesaran budi pekerti dan karakter Nabi menjadi pelajaran bagi umat Islam untuk tetap kuat dan teguh dalam menghadapi cobaan hidup.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hikmah dan Pelajaran

Kisah percobaan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad mengajarkan umat Islam tentang kekuatan dan perlindungan Ilahi yang senantiasa hadir untuk melindungi para Rasul-Nya. Meskipun musuh-musuh Islam berusaha dengan segala cara untuk merugikan dan membunuh Nabi, Allah selalu mengatur keadaan untuk melindungi dan memeliharanya. Ini memberikan keyakinan kepada umat Islam bahwa dalam menghadapi cobaan dan ancaman, penting untuk berserah diri sepenuhnya kepada kehendak Allah dan mempercayai rencana-Nya.

Kesimpulan

Kisah percobaan pembunuhan terhadap Nabi Muhammad adalah bagian yang tak terpisahkan dari sejarah Islam. Keberhasilan Allah dalam melindungi Rasulullah dari rancangan jahat musuh-musuh Islam memberikan pelajaran tentang kekuasaan dan perlindungan Ilahi yang tak terbatas. Hikmah dari pengalaman ini mengajarkan umat Islam untuk tetap teguh dalam iman, berserah diri kepada Allah, dan mengambil kebijaksanaan dari ketabahan Nabi Muhammad dalam menghadapi berbagai ujian dan ancaman.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...