Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Bersikap Ihsan dalam Segala Sesuatu

Ihsan adalah konsep dalam agama Islam yang mencerminkan sikap terbaik dan penuh kebaikan dalam setiap tindakan dan perilaku. Sebagai umat Islam, bersikap ihsan dalam segala sesuatu adalah tuntutan agama yang mengajarkan untuk berbuat baik dan memperlihatkan kebaikan kepada seluruh makhluk Allah. Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi makna ihsan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari dan bagaimana kita dapat mengimplementasikannya.

Pertama-tama, ihsan dalam ibadah merupakan fondasi utama dalam praktik kehidupan seorang Muslim. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya Allah menyuruh berlaku adil, berbuat ihsan, dan memberi kepada kerabatnya, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kalian agar kalian dapat mengambil pelajaran.” (An-Nahl: 90). Dengan menghayati dan mempraktikkan ajaran ini, seorang Muslim diingatkan untuk menjalani ibadah dengan sepenuh hati dan dedikasi, bukan hanya sebagai rutinitas harian.

Bersikap ihsan dalam hubungan antarmanusia adalah aspek yang tidak kalah penting. Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Ihsan adalah berbuat baik kepada siapa yang berbuat buruk kepadamu.” Hal ini menegaskan pentingnya sikap ihsan dalam menghadapi konflik atau ketidaksetujuan dengan sesama. Seorang Muslim diajarkan untuk menanggapi kesulitan atau ketidakadilan dengan kebaikan dan kesabaran. Dalam menjalin hubungan, ihsan mencakup toleransi, empati, dan keadilan sebagai pijakan dalam bersikap terhadap sesama.

Ketika berurusan dengan lingkungan sekitar, baik alam maupun masyarakat, ihsan juga menjadi pedoman. Islam mengajarkan bahwa manusia bertanggung jawab sebagai khalifah di bumi ini. Allah SWT menciptakan alam semesta ini dengan sebaik-baiknya, dan seorang Muslim diperintahkan untuk merawat dan menjaga kelestarian alam. Dalam konteks ini, ihsan mencakup kepedulian terhadap lingkungan, menghindari pemborosan, dan berperan aktif dalam menjaga keberlanjutan alam.

Dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ihsan juga tercermin dalam perilaku ekonomi. Islam mengajarkan keadilan dalam perdagangan, melarang riba, dan mendorong zakat sebagai bentuk ihsan terhadap sesama yang membutuhkan. Rasulullah SAW bersabda, “Pada setiap sendi tubuh ada sedekah, dan setiap tasbih adalah sedekah. Maka setiap kali berbicara adalah sedekah, setiap kali menunjukkan jalan adalah sedekah, dan membantu seorang lansia adalah sedekah.” (HR. Bukhari, Muslim).

Dalam mendidik anak-anak, ihsan juga memegang peranan penting. Seorang Muslim diwajibkan untuk mendidik anak-anak dengan penuh kasih sayang, keadilan, dan memberikan teladan yang baik. Memberikan pemahaman agama dan nilai-nilai moral sebagai landasan kehidupan sehari-hari adalah bentuk ihsan yang dapat mengarahkan generasi mendatang kepada kehidupan yang berkelimpahan kebaikan.

Sebagai penutup, bersikap ihsan dalam segala sesuatu adalah panggilan agama Islam untuk menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan tanggung jawab kepada Allah dan sesama. Ihsan melibatkan pengamalan nilai-nilai Islam dalam setiap tindakan dan perilaku, menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang, keadilan, dan kebaikan. Dengan menerapkan ihsan dalam ibadah, hubungan antarmanusia, lingkungan, ekonomi, dan pendidikan, seorang Muslim dapat menggapai kehidupan yang penuh berkah dan mendekati ridha Allah SWT.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...