Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Mengenal Masa Fatrah: Rentang Waktu Antara Kenabian

Masa Fatrah merupakan periode penting dalam sejarah Islam yang merupakan rentang waktu antara masa kejadian di Arab pra-Islam yang gelap menuju munculnya kenabian. Fatrah secara harfiah berarti “kekosongan” atau “waktu jeda”.

1. Kondisi Masyarakat Pra-Islam

Pada masa Fatrah, masyarakat Arab hidup dalam kondisi moral dan spiritual yang rendah. Penyembahan berhala, perang suku, ketidakadilan, dan ketidakstabilan sosial menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

2. Tanda-Tanda Mendekatnya Kehadiran Kenabian

Meskipun dalam kegelapan, tanda-tanda awal munculnya kenabian mulai terlihat. Beberapa individu mulai menunjukkan kecenderungan ke arah kebaikan, menolak tradisi menyembah berhala, dan menantikan kedatangan sesuatu yang baru.

3. Pencarian Kebenaran dan Spiritualitas

Masyarakat Arab pada masa Fatrah aktif dalam pencarian kebenaran dan makna spiritual. Beberapa individu tertentu mengasingkan diri ke gua-gua untuk merenung dan mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan spiritual.

4. Kemunculan Kenabian

Masa Fatrah berakhir dengan munculnya kenabian melalui Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Pada usia 40 tahun, beliau menerima wahyu pertama dari Allah SWT di gua Hira, dimulainya periode kenabian yang membawa cahaya dan petunjuk kepada umat manusia.

5. Pentingnya Masa Fatrah dalam Konteks Sejarah Islam

Masa Fatrah memiliki makna penting dalam sejarah Islam karena menjadi titik awal munculnya kenabian terakhir, yang membawa pesan tauhid, keadilan, dan moralitas kepada seluruh umat manusia. Masa ini menandai peralihan dari zaman kegelapan menuju terangnya cahaya Islam.

Masa Fatrah adalah periode transisi penting dalam sejarah Islam yang menandai penantian dan persiapan masyarakat Arab akan munculnya kenabian terakhir, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Periode ini menunjukkan bahwa meskipun dalam kegelapan, Allah SWT selalu memberikan petunjuk kepada manusia melalui kenabian-Nya.

Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...