Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Keajaiban di Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah momen yang penuh berkah dan keajaiban. Di saat beliau dilahirkan, terjadi sejumlah peristiwa luar biasa yang menjadi tanda kebesaran Allah SWT serta keistimewaan yang luar biasa dari Rasulullah. Keajaiban-keajaiban ini memperkuat keyakinan akan kenabian beliau dan menegaskan bahwa kelahiran beliau adalah rahmat bagi seluruh alam.

1. Cahaya Terang di Malam Kelahiran

Salah satu kejadian ajaib yang terjadi saat kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah cahaya yang menyinari langit di malam itu. Para ulama dan sejarawan berpendapat bahwa cahaya ini memancar di langit Mekah pada saat beliau dilahirkan, memperlihatkan keajaiban dan kedatangan yang agung.

2. Sungai Nil Tidak Mengalir

Peristiwa yang menggetarkan hati lainnya terjadi di saat kelahiran beliau adalah sungai Nil yang tidak mengalir selama beberapa hari. Hal ini merupakan kejadian yang luar biasa mengingat sungai Nil adalah salah satu sumber kehidupan yang penting bagi masyarakat pada zaman itu.

3. Pohon-Pohon Di Sana-Sini Tidak Bergerak

Selain sungai Nil, pohon-pohon di berbagai tempat seperti di Syam dan Persia juga tercatat tidak bergerak pada malam kelahiran Nabi Muhammad SAW. Mereka yang biasanya bergerak atau bersuara dengan memuji Allah, pada malam itu diam dan tak bergerak, seakan-akan menghormati kehadiran beliau.

4. Api Zoroaster Padam

Peristiwa lain yang tercatat dalam sejarah adalah padamnya api yang telah menyala selama ribuan tahun di kuil Zoroaster pada malam kelahiran Nabi Muhammad SAW. Api yang dijaga dengan sangat ketat ini secara tiba-tiba padam dan tidak menyala lagi.

5. Pintu Istana Kisra Terbuka Sendiri

Di Persia, pintu-pintu istana Kisra secara ajaib terbuka sendiri pada saat itu. Hal ini dianggap sebagai tanda-tanda kedatangan seorang nabi yang agung.

6. Guncangan Arasy Allah

Pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, guncangan terjadi pada Arasy Allah, singgasana-Nya. Ini adalah kejadian yang luar biasa dan menjadi bukti kebesaran dan kedatangan utusan Allah yang agung.

7. Situs-Situs Bersejarah di India Terpotong

Di India, situs-situs bersejarah dan patung-patung yang ada di kuil-kuil tiba-tiba mengalami retak atau terpotong menjadi dua bagian. Peristiwa ini dianggap sebagai tanda kebesaran kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Makna Keajaiban Tersebut

Keajaiban-keajaiban ini bukanlah kebetulan semata. Mereka adalah tanda-tanda dari Allah SWT yang menegaskan keistimewaan kelahiran Nabi Muhammad SAW sebagai penutup para nabi dan rasul serta rahmat bagi seluruh alam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Peristiwa-peristiwa ajaib ini menunjukkan bahwa kelahiran Nabi Muhammad SAW bukanlah peristiwa biasa, melainkan kedatangan yang sangat dinanti-nantikan, yang membawa cahaya, petunjuk, dan rahmat bagi seluruh umat manusia. Momen tersebut merupakan titik tolak bagi perjalanan beliau sebagai nabi dan pembawa risalah Islam.

Mempelajari dan mengenang keajaiban-keajaiban tersebut memberikan kita pemahaman yang lebih dalam tentang kedatangan Nabi Muhammad SAW, dan mengukuhkan keyakinan kita akan kebesaran dan kenabian beliau. Semoga peristiwa-peristiwa ajaib ini menjadi bahan introspeksi bagi kita dalam meningkatkan keimanan dan cinta kita kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...