Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Saling Tolong-Menolong dalam Kebaikan Menurut Islam

Islam adalah agama yang mengajarkan nilai-nilai kasih sayang, empati, dan kebaikan terhadap sesama. Saling tolong-menolong dalam kebaikan merupakan prinsip utama yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Perbuatan ini tidak hanya dianggap sebagai tindakan sosial yang baik, tetapi juga sebagai bagian penting dari ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

1. Prinsip Saling Tolong-Menolong dalam Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, Surah Al-Ma’idah ayat 2:

“…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksaan-Nya.”

Ayat ini menekankan pentingnya saling membantu dan mendukung satu sama lain dalam melakukan perbuatan baik (kebajikan) dan menjauhi perbuatan dosa. Ini menunjukkan bahwa tolong-menolong dalam kebaikan adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat Islam.

2. Ajaran Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW juga mengajarkan pentingnya tolong-menolong dalam kebaikan. Beliau bersabda:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.” (HR. Ahmad)

Sabda ini menekankan bahwa seseorang yang memberikan manfaat kepada orang lain, baik berupa bantuan, nasihat, atau bimbingan, adalah orang yang paling baik di antara manusia.

3. Mengangkat Derajat dan Membangun Persaudaraan

Saling tolong-menolong dalam kebaikan dapat mengangkat derajat seseorang di mata Allah SWT. Dalam Islam, menolong orang lain dalam kesulitan atau memberikan bantuan kepada yang membutuhkan adalah cara untuk mendapatkan pahala yang besar. Hal ini juga memperkuat hubungan persaudaraan antar sesama muslim, menciptakan ikatan yang kuat di antara umat Islam.

4. Menolong Dalam Kebaikan Tanpa Memandang Identitas

Islam mengajarkan untuk menolong orang dalam kebaikan tanpa memandang identitas mereka. Tidak peduli suku, ras, status sosial, atau latar belakang, membantu sesama dalam kebaikan adalah tindakan yang dianjurkan dalam Islam. Hal ini mencerminkan ajaran universalitas dalam memberikan pertolongan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

5. Contoh dalam Sejarah Islam

Sejarah Islam penuh dengan contoh-contoh di mana Rasulullah SAW dan para sahabatnya saling membantu dan menolong dalam berbagai kebaikan. Mereka membantu dalam memberi makan orang-orang lapar, menyembuhkan orang sakit, memberi nasihat, dan berbagai tindakan kebaikan lainnya. Contoh ini menjadi teladan bagi umat Islam untuk selalu siap membantu sesama.

Penutup

Saling tolong-menolong dalam kebaikan adalah prinsip yang mendasar dalam ajaran Islam. Memberikan bantuan, nasihat, dukungan, atau bimbingan kepada sesama bukan hanya merupakan tindakan kebaikan sosial, tetapi juga merupakan bagian dari ibadah dan kewajiban umat Islam. Semangat tolong-menolong dalam kebaikan juga menciptakan harmoni sosial dan membawa berkah serta kebaikan bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian, marilah kita sebagai umat Islam terus menerapkan nilai-nilai mulia ini dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik dan lebih berkeadilan.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...