Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Larangan Memohon Pertolongan kepada Selain Allah SWT dalam Ajaran Islam

Dalam ajaran Islam, tawakkal (kepercayaan sepenuhnya kepada Allah SWT) dan memohon pertolongan hanya kepada-Nya adalah prinsip penting yang diajarkan kepada umat Muslim. Larangan memohon pertolongan kepada selain Allah SWT adalah ajaran yang kuat dalam agama Islam, yang menekankan bahwa Allah adalah satu-satunya sumber kekuatan, pertolongan, dan perlindungan yang sejati.

Dasar Hukum dalam Al-Quran

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, Surah Al-Fatihah ayat 5-6:

“Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.”

Ayat ini menegaskan bahwa hanya Allah SWT yang layak disembah dan hanya kepada-Nya kita boleh meminta pertolongan. Memohon pertolongan kepada selain Allah bertentangan dengan konsep tauhid (keesaan Allah) dalam Islam.

Penjelasan Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW juga memberikan penjelasan yang jelas mengenai larangan memohon pertolongan kepada selain Allah SWT. Beliau bersabda:

“Barangsiapa yang mati dan ia meminta pertolongan kepada selain Allah, maka ia akan masuk neraka.”

Hadis ini menegaskan bahwa meminta pertolongan kepada selain Allah adalah tindakan yang dapat mengantarkan seseorang ke dalam kesalahan besar yang berujung pada hukuman di akhirat.

Makna Tawakkal

Tawakkal adalah keyakinan bahwa segala sesuatu di dunia ini diatur oleh kehendak Allah SWT. Sebagai umat Muslim, kita diperintahkan untuk berusaha dan bekerja keras, namun pada saat yang sama, kita harus percaya bahwa hasil akhirnya ada di tangan Allah. Tawakkal merupakan ungkapan kepercayaan yang sepenuhnya kepada-Nya dan menolak untuk memohon pertolongan kepada selain Allah dalam urusan-urusan hidup.

Menghindari Perbuatan Syirik

Memohon pertolongan kepada selain Allah SWT merupakan bentuk syirik (penyekutuan dalam menyembah Allah) yang dilarang dalam Islam. Syirik adalah dosa yang sangat besar dalam agama Islam, karena mengarah pada pengingkaran terhadap keesaan dan keagungan Allah SWT.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pengajaran dalam Sejarah Islam

Sejarah Islam memberikan banyak contoh mengenai kepatuhan dan keberhasilan umat yang tawakkal kepada Allah SWT. Ketika umat Islam memohon pertolongan hanya kepada-Nya, mereka mendapat bantuan yang luar biasa dari Allah dalam menghadapi berbagai cobaan dan musibah.

Pentingnya Memahami Konsep Tawakkal

Memahami konsep tawakkal tidak hanya melibatkan keyakinan, tetapi juga mempengaruhi tindakan sehari-hari. Tawakkal memungkinkan seseorang untuk merasakan ketenangan dalam setiap langkah hidupnya, karena yakin bahwa segala sesuatu terjadi atas izin dan kehendak Allah.

Kesimpulan

Larangan memohon pertolongan kepada selain Allah SWT adalah ajaran fundamental dalam Islam yang mendorong umat untuk mempercayai kekuasaan, pertolongan, dan perlindungan hanya kepada-Nya. Tawakkal merupakan bagian penting dalam praktik keimanan umat Islam, yang memberikan ketenangan dan kekuatan dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan. Dengan memahami dan mengamalkan tawakkal, umat Islam dapat memperoleh kedamaian batin dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Semoga kita senantiasa mampu menjalankan keyakinan tawakkal dan menjauhi perbuatan memohon pertolongan kepada selain Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan kita.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...