Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Kriteria Memilih Pasangan Menurut Ajaran Islam: Pemahaman yang Mendalam dalam Mencari Jodoh

Menikah merupakan langkah penting dalam kehidupan setiap Muslim. Dalam ajaran Islam, memilih pasangan hidup tidak hanya tentang cinta, tetapi juga tentang kesamaan nilai, tujuan hidup, serta kesiapan untuk saling melengkapi dan membantu satu sama lain dalam mencapai keberkahan dan kebahagiaan dalam pernikahan. Berdasarkan tuntunan Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW, berikut adalah kriteria yang ditekankan dalam memilih pasangan menurut ajaran Islam:

1. Iman dan Ketakwaan

Kriteria utama dalam memilih pasangan menurut ajaran Islam adalah iman dan ketakwaan. Memilih pasangan yang memiliki keimanan yang kuat, menjalankan ibadah dengan konsisten, serta taqwa kepada Allah SWT menjadi dasar yang sangat penting. Al-Quran menyatakan, “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirinya belum menikah di antara kamu serta orang-orang yang saleh-salihah di antara hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan.” (Q.S. An-Nur: 32)

2. Akhlak dan Budi Pekerti

Ajaran Islam menekankan pentingnya memilih pasangan dengan akhlak yang baik. Kejujuran, kesetiaan, kerendahan hati, toleransi, dan sikap penuh kasih sayang menjadi kualitas yang diinginkan dalam calon pasangan. Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya kepada istri-istrinya.” (HR. Tirmidzi)

3. Kesamaan Nilai dan Tujuan Hidup

Kesamaan dalam nilai-nilai, visi, dan tujuan hidup merupakan kriteria yang penting. Memiliki kesamaan dalam pandangan kehidupan, prinsip-prinsip moral, serta tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah akan mempermudah dalam membangun keharmonisan dalam pernikahan.

4. Kesiapan dalam Tanggung Jawab

Calon pasangan yang siap dan mampu untuk menjalankan tanggung jawab sebagai suami atau istri menjadi kriteria penting dalam ajaran Islam. Kesiapan untuk memberikan nafkah, melindungi, dan menjaga keutuhan keluarga adalah hal yang harus dipertimbangkan.

5. Keterbukaan dan Komunikasi yang Baik

Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik dan keterbukaan antara calon pasangan juga menjadi kriteria penting. Kedua belah pihak harus bisa saling mendengarkan, memahami, dan saling berbicara terbuka untuk mengungkapkan harapan, keinginan, serta perasaan masing-masing.

6. Persetujuan Keluarga dan Masyarakat

Ajaran Islam menekankan pentingnya persetujuan dari keluarga dan masyarakat. Meskipun keputusan akhir berada di tangan calon pengantin, memperoleh restu dan dukungan dari keluarga serta masyarakat menjadi faktor penting dalam proses pemilihan pasangan.

Kesimpulan

Memilih pasangan menurut ajaran Islam adalah keputusan yang membutuhkan pemikiran matang dan pertimbangan yang mendalam. Hal ini bukan hanya mengenai aspek fisik atau emosional semata, tetapi juga tentang memilih seseorang yang dapat menjadi pendamping dalam kehidupan dunia dan akhirat. Dalam menentukan pilihan, kesempurnaan bukanlah satu-satunya kriteria, namun kesesuaian dan kesamaan dalam prinsip keimanan, akhlak, dan tujuan hiduplah yang menjadi kunci utama dalam mencari jodoh.

Dengan menjadikan kriteria yang sesuai dengan ajaran Islam sebagai pedoman, diharapkan calon pengantin dapat menemukan pasangan yang tidak hanya menjadi teman hidup di dunia, tetapi juga menjadi penolong dalam mencapai kebahagiaan dan kesuksesan di akhirat. Semoga Allah memberikan taufik dan petunjuk kepada setiap individu yang sedang dalam proses mencari jodoh yang baik menurut ajaran-Nya.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...