Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Ternyata Rasulullah SAW Pernah Diboikot, Begini Kisahnya!


Pemboikotan yang dialami Rasulullah SAW merupakan salah satu dari banyak ujian yang beliau hadapi dalam menyebarkan ajaran Islam. Kisah ini tidak hanya mencerminkan keteguhan hati Nabi Muhammad SAW, tetapi juga mengajarkan kepada umat Islam nilai-nilai kesabaran, keberanian, dan keteguhan dalam menghadapi tantangan.

Pemboikotan terhadap Rasulullah SAW terjadi pada masa awal dakwah beliau di Mekah. Penyebaran ajaran tauhid yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW mulai mengancam kepentingan dan kekuasaan para pemimpin Quraisy. Mereka yang merasa terancam dengan pesan Islam yang membawa perubahan sosial dan keagamaan itu, membuat kesepakatan untuk memboikot Nabi beserta pengikutnya.

Kesepakatan tersebut berujung pada isolasi sosial terhadap klan Hashim dan klan Abdul Muttalib, di mana Nabi Muhammad SAW juga termasuk dalam klan tersebut. Tidak hanya Nabi dan para pengikutnya, tetapi seluruh anggota klan tersebut juga disingkirkan dan diisolasi dari perdagangan, perkawinan, dan interaksi sosial dengan suku Quraisy yang lain. Pemboikotan ini berlangsung selama tiga tahun di lembah yang dikenal sebagai “Syi’b Abi Thalib”.

Selama masa pemboikotan itu, kondisi fisik dan psikologis Rasulullah SAW dan pengikutnya sangatlah sulit. Mereka mengalami kelaparan, kekurangan makanan, pakaian, dan kebutuhan dasar lainnya. Meskipun dalam kondisi yang sulit tersebut, Nabi Muhammad SAW tetap menunjukkan ketabahan dan kesabaran yang luar biasa.

Kisah ini menjadi pelajaran berharga bagi umat Islam. Ketika menghadapi kesulitan, Rasulullah SAW dan para sahabatnya tidak pernah menyerah pada situasi sulit. Mereka tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip tauhid dan kebenaran meskipun dihadapkan pada ancaman dan penderitaan.

Pemboikotan ini juga menunjukkan pentingnya kesabaran dalam menghadapi cobaan. Meskipun sulit, Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya tidak pernah mengeluh atau menyerah pada situasi tersebut. Mereka tetap bersabar dan yakin bahwa Allah akan memberikan pertolongan-Nya.

Selama masa pemboikotan ini, Allah SWT juga memberikan bukti-bukti kekuasaan-Nya. Meskipun sumber daya mereka sangat terbatas, Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya tetap mendapatkan pertolongan Allah dalam bentuk mukjizat-mukjizat yang menakjubkan.

Kisah pemboikotan ini juga mengajarkan tentang pentingnya bersatu dan saling mendukung di antara umat Islam. Meskipun dalam situasi sulit, kebersamaan dan solidaritas di antara mereka sangatlah penting untuk melewati ujian yang dihadapi.

Akhirnya, setelah tiga tahun pemboikotan, kesepakatan itu pun akhirnya berakhir. Namun, dalam masa itu, telah banyak pelajaran yang diambil oleh umat Islam dari ketabahan, kesabaran, dan kekuatan iman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kisah pemboikotan yang dialami Rasulullah SAW adalah bukti nyata tentang kegigihan beliau dalam menyebarkan ajaran Islam meskipun dihadapkan pada tantangan yang sangat berat. Kisah ini menjadi inspirasi bagi umat Islam dalam menghadapi cobaan hidup dan menunjukkan pentingnya kesabaran, keberanian, dan kekuatan iman dalam menghadapi segala ujian kehidupan. Semoga kita dapat mengambil pelajaran berharga dari kisah ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...