Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Kisah Nabi ISA As Menghidupkan Orang Mati

Kisah penyembuhan orang mati oleh Nabi Isa (Yesus AS) adalah salah satu dari banyak mukjizat yang diakui dalam ajaran Islam. Mukjizat merupakan tanda keajaiban atau keistimewaan yang diberikan oleh Allah kepada para nabi-Nya untuk membuktikan kebenaran ajaran yang mereka sampaikan kepada umat mereka. Dalam konteks Nabi Isa, salah satu mukjizatnya adalah kemampuannya untuk menyembuhkan orang mati.

Kisah dalam Al-Qur’an

Al-Qur’an memberikan penghormatan dan pengakuan terhadap Nabi Isa AS dan mukjizat-mukjizatnya. Salah satu mukjizat terbesarnya adalah kemampuannya untuk menyembuhkan orang sakit dan menghidupkan orang mati. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Imran (3:49), “Dan aku [Isa] menjadikan burung-burung dari tanah dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta, dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah.”

Kisah Penyembuhan Orang Mati

Dalam banyak riwayat hadis dan sirah, termasuk dalam tradisi Islam, diceritakan bahwa Nabi Isa AS mampu menghidupkan orang mati dengan izin Allah. Sebagai contoh, ada riwayat mengenai Nabi Isa AS yang datang ke sebuah desa di mana seorang wanita sedang menangis karena kehilangan anaknya yang telah meninggal. Nabi Isa AS kemudian menanyakan keadaan anak itu dan mendapat informasi bahwa anak tersebut telah meninggal. Dengan izin Allah, Nabi Isa AS kemudian mengajak orang tua anak tersebut dan beberapa orang lainnya untuk bersama-sama menuju makam anak tersebut. Di sana, Nabi Isa AS berdoa kepada Allah dan dengan kehendak-Nya, anak tersebut dihidupkan kembali dan dikembalikan kepada ibunya.

Signifikansi Mukjizat

Mukjizat menyembuhkan orang mati oleh Nabi Isa AS adalah salah satu tanda kekuasaan Allah yang luar biasa dan keajaiban yang menunjukkan kedudukan dan keistimewaan seorang nabi. Mukjizat ini juga bertujuan untuk menguatkan iman dan keyakinan orang-orang pada ajaran yang dibawa oleh Nabi Isa AS.

Ajaran Moral dan Spiritual

Kisah mukjizat Nabi Isa AS dalam menyembuhkan orang mati mengajarkan umat Muslim tentang kekuasaan Allah yang luar biasa, serta tentang keajaiban dan kebesaran seorang nabi. Ini juga menegaskan pentingnya keyakinan, keimanan, dan hubungan manusia dengan Allah SWT.

Kesimpulan

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kisah penyembuhan orang mati oleh Nabi Isa AS adalah salah satu mukjizat besar dalam ajaran Islam. Mukjizat ini menunjukkan kekuatan dan keajaiban yang diberikan oleh Allah kepada para nabi-Nya. Kisah ini juga merupakan bukti kekuasaan dan kebesaran Allah, serta menguatkan keyakinan umat Islam terhadap ajaran-ajaran para nabi. Dengan memahami mukjizat ini, umat Muslim dapat meneguhkan iman mereka kepada Allah dan keistimewaan para nabi yang diutus-Nya.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...