Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Meraih Kemuliaan Dengan Akhlak Terpuji

Dalam Islam, akhlak terpuji bukanlah sekadar serangkaian aturan perilaku, melainkan cerminan dari kedalaman keimanan seseorang. Akhlak mencakup perilaku dan tindakan yang mencerminkan keteladanan moral dan etika yang tinggi. Dalam Al-Quran, Allah SWT menyatakan, “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada pada budi pekerti yang agung.” (Al-Qalam: 4). Oleh karena itu, mari kita menjelajahi mengapa akhlak terpuji dianggap sebagai ciri keimanan yang kokoh dalam ajaran Islam.

Pertama-tama, akhlak terpuji mencakup sifat-sifat yang mendasari interaksi manusia dengan sesama dan penciptaan Allah. Rasulullah Muhammad SAW diutus sebagai “rahmatan lil-alamin” (rahmat bagi seluruh alam) dan contoh sempurna untuk umat Islam. Beliau menunjukkan akhlak yang terpuji dalam setiap tindakan dan perkataannya. Kejujuran, kesabaran, keikhlasan, dan kasih sayang adalah contoh-contoh akhlak terpuji yang mencuat dalam kehidupan Rasulullah.

Dalam keseharian, akhlak terpuji tercermin dalam bagaimana seseorang bersikap terhadap orang tua, saudara-saudara, tetangga, teman, bahkan terhadap orang asing. Menjaga hubungan yang baik, memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan, dan memperlakukan orang lain dengan hormat adalah wujud konkret dari akhlak terpuji. Dalam Islam, seseorang dianggap mukmin jika perilaku dan etikanya memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, akhlak terpuji mencakup kontrol diri dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dan godaan. Seorang mukmin diharapkan memiliki sifat sabar dan tawakal, yaitu menerima segala ujian dengan hati yang lapang. Dalam Al-Quran, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Al-Baqarah: 153). Akhlak terpuji membantu seseorang menjalani hidup dengan penuh ketenangan dan ketabahan di tengah kesulitan.

Ketiga, akhlak terpuji mencakup kebaikan hati dan kepedulian terhadap sesama. Islam mengajarkan untuk memberikan sedekah, bantuan, dan perhatian kepada orang yang membutuhkan. Rasulullah SAW bersabda, “Tangan yang di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah.” (Hadis Riwayat Muslim). Akhlak terpuji tidak hanya berhenti pada tindakan besar, tetapi juga melibatkan kebaikan sehari-hari, seperti senyuman, sapaan ramah, dan perhatian kepada orang di sekitar.

Keempat, akhlak terpuji mencakup kejujuran dalam segala hal, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Islam menekankan pentingnya kejujuran sebagai fondasi kehidupan berkeluarga, berbisnis, dan bersosialisasi. Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah kebohongan, karena kebohongan membawa kepada fasik, dan fasik itu membawa kepada neraka. Seseorang terus berbicara jujur dan mengejar kejujuran hingga dia dianggap sebagai orang jujur (siddiq).” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, akhlak terpuji tidak hanya menjadi norma moral dalam Islam, melainkan juga menjadi ciri keimanan yang mencorakkan seluruh aspek kehidupan seorang mukmin. Dengan mengembangkan akhlak terpuji, seseorang bukan hanya menjalani kehidupan yang bermakna di dunia, tetapi juga meraih keberkahan dan kebahagiaan di akhirat. Akhlak terpuji adalah pencerminan keimanan yang mendalam, menyinari jalan hidup, dan menjadi tanda bahwa hati seseorang telah tertanam kuat dalam kecintaan kepada Allah SWT.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...