Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Adab Makan dan Minum dalam Islam: Etika dan Tuntunan Agama

Adab Makan dan Minum dalam Islam: Etika dan Tuntunan Agama

Adab makan dan minum merupakan bagian penting dari ajaran Islam yang menekankan pentingnya memakan dan minum dengan penuh kesadaran, syukur, serta menghormati hak-hak Allah SWT dan ciptaan-Nya. Etika ini mencakup berbagai aspek, mulai dari sebelum, selama, hingga setelah makan dan minum.

Sebelum Makan dan Minum:

  1. Doa Sebelum Makan dan Minum: Sebelum memulai makan dan minum, Islam mengajarkan untuk membaca “Bismillah” (Dengan nama Allah) sebagai tanda syukur kepada Allah atas rezeki yang diberikan-Nya.
  2. Membersihkan Tangan: Menjaga kebersihan adalah bagian dari agama. Sebelum makan, disarankan untuk membersihkan tangan agar terhindar dari kuman dan kotoran.

Selama Makan dan Minum:

  1. Makan dengan Tangan yang Benar: Rasulullah SAW mengajarkan untuk menggunakan tangan kanan saat makan dan minum, serta menjauhi kebiasaan buruk seperti makan dengan tangan kiri.
  2. Memakan dari Tempat yang Dekat: Memakan dari tempat yang dekat adalah sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menghindari pemborosan makanan.
  3. Tidak Membuang Makanan: Menghormati makanan adalah bagian dari ajaran Islam. Tidak boleh membuang makanan tanpa alasan yang jelas.

Setelah Makan dan Minum:

  1. Doa Setelah Makan: Setelah selesai makan, Islam mengajarkan untuk membaca doa syukur, yaitu “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah) sebagai ungkapan terima kasih atas rezeki yang diberikan.
  2. Menjaga Etika dalam Makanan Bersama: Rasulullah SAW menekankan pentingnya berbagi makanan, menjaga etika saat makan bersama, dan memberikan kesempatan yang sama kepada semua orang yang hadir.

Etika Umum dalam Makan dan Minum:

  1. Makan Secukupnya: Islam menyarankan untuk makan secukupnya, menghindari kelebihan yang tidak diperlukan dan mencegah pemborosan makanan.
  2. Menghormati Makanan dan Minuman: Makanan dan minuman harus dihormati sebagai rezeki dari Allah. Tidak boleh dilecehkan atau dibuang secara sembarangan.
  3. Menjaga Kebersihan: Menjaga kebersihan saat makan dan minum adalah bagian dari agama. Merawat kebersihan diri dan lingkungan sekitar saat makan sangat dianjurkan.
  4. Memberikan Prioritas kepada Tamu: Islam mengajarkan untuk memberikan prioritas kepada tamu dalam pemberian makanan dan minuman serta memperlakukan mereka dengan baik.

Kesimpulan

Adab makan dan minum dalam Islam mencerminkan kesadaran spiritual, syukur atas rezeki, dan penghargaan terhadap makanan sebagai anugerah dari Allah. Etika ini menekankan pentingnya menjaga kebersihan, tidak membazir, berbagi, dan memberikan prioritas kepada yang lain. Dengan mempraktikkan adab makan dan minum yang diajarkan dalam Islam, umat Muslim diharapkan untuk menjalani kehidupan yang lebih sadar, syukur, dan penuh keberkahan dalam setiap aktivitas sehari-hari.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...