Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Keutamaan Berbuat Baik Kepada Orang Tua dalam Islam

Keutamaan Berbuat Baik Kepada Orang Tua dalam Islam

Dalam ajaran Islam, berbuat baik kepada orang tua dianggap sebagai tindakan mulia yang sangat dianjurkan. Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad SAW memberikan penekanan yang besar terhadap pentingnya berbakti, menghormati, dan menjaga orang tua dengan penuh kasih sayang.

Kedudukan Orang Tua dalam Islam

Orang tua memiliki kedudukan yang sangat agung dalam Islam. Al-Qur’an mengajarkan untuk berlaku baik kepada orang tua dengan penuh kasih sayang dan penghormatan. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Isra (17:23), “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapak dengan sebaik-baiknya.”

Pengajaran dalam Hadis tentang Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Rasulullah SAW juga memberikan banyak pengajaran tentang pentingnya berbuat baik kepada orang tua. Beliau bersabda, “Ridha Allah terletak pada ridha orang tua dan murka-Nya terletak pada murka orang tua.” Hadis ini menegaskan bahwa keselamatan dan keberkahan terletak pada kesejahteraan dan keridhaan orang tua.

Keutamaan Berbuat Baik Kepada Orang Tua dalam Islam

  1. Pintu Surga: Berbuat baik kepada orang tua dianggap sebagai pintu menuju surga.
  2. Doa yang Mustajab: Doa orang tua yang diridhai merupakan doa yang mustajab yang Allah kabulkan.
  3. Pengampunan Dosa: Berbuat baik kepada orang tua juga dianggap sebagai cara untuk mendapatkan pengampunan dosa dan kesalahan.

Cara Berbuat Baik Kepada Orang Tua

  • Kasih Sayang dan Penghormatan: Memberikan kasih sayang, rasa hormat, dan perhatian kepada orang tua.
  • Menunaikan Kewajiban dengan Baik: Menunaikan kewajiban sebagai anak dengan baik, seperti memberikan nafkah dan perlakuan yang baik.
  • Menyediakan Kenyamanan: Memberikan kenyamanan, dukungan, dan perhatian pada orang tua dalam setiap kebutuhan mereka.

Manfaat Berbuat Baik Kepada Orang Tua dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Keberkahan dalam Hidup: Berbuat baik kepada orang tua membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kesejahteraan dan Keselamatan: Berbuat baik kepada orang tua membawa kesejahteraan dan keselamatan bagi diri sendiri.
  3. Pertimbangan dalam Doa: Doa orang tua yang diridhai oleh Allah membawa pertimbangan yang besar dalam doa yang dikabulkan.

Penutup

Berbuat baik kepada orang tua merupakan ajaran mulia dalam Islam. Penghormatan, kasih sayang, dan perhatian kepada orang tua adalah bagian penting dari ketaatan kepada Allah SWT. Orang tua adalah anugerah yang tidak ternilai dari Allah, dan berbuat baik kepada mereka adalah tindakan yang membawa keberkahan, kesejahteraan, dan keridhaan Allah SWT. Dengan mempraktikkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari, seseorang dapat memperoleh manfaat besar, baik di dunia maupun di akhirat.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...