Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Jangan Sombong, Ini Akibatnya

Jangan Sombong, Ini Akibatnya

Sombong adalah sikap yang dilarang dalam ajaran Islam. Arogansi dan kesombongan membawa dampak yang merugikan, tidak hanya bagi individu yang bersikap sombong, tetapi juga bagi masyarakat di sekitarnya. Al-Qur’an dan Hadis Rasulullah SAW memberikan peringatan tentang bahaya kesombongan serta menunjukkan pentingnya bersikap rendah hati dan rendah diri.

Arti Kesombongan dalam Islam

Kesombongan atau takabur dalam Islam merupakan sikap merasa lebih baik dari orang lain, merendahkan orang lain, dan tidak mau menerima kebenaran atau nasihat dari siapapun. Sikap ini bertentangan dengan nilai-nilai kerendahan hati dan kesederhanaan yang dianjurkan dalam ajaran Islam.

Peringatan dalam Al-Qur’an tentang Kesombongan

Al-Qur’an menegaskan bahaya kesombongan dalam beberapa ayat. Allah SWT berfirman dalam Surah An-Nahl (16:23), “Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang menyombongkan diri.” Ini merupakan peringatan tentang sikap yang tidak dicintai oleh Allah SWT.

Pengajaran dalam Hadis tentang Kesombongan

Rasulullah SAW juga memberikan banyak pengajaran tentang bahaya kesombongan. Beliau bersabda, “Barangsiapa yang memiliki seberat biji zarrah kesombongan dalam hatinya, dia tidak akan masuk surga.” Hadis ini menegaskan bahwa kesombongan merupakan sifat yang dapat menghalangi seseorang dari mendapatkan rahmat Allah dan surga-Nya.

Akibat Kesombongan dalam Kehidupan

  1. Memisahkan dari Kebaikan: Kesombongan membuat seseorang enggan menerima saran dan nasehat baik dari orang lain.
  2. Menghalangi Pembelajaran: Sikap sombong membatasi kemampuan seseorang untuk belajar, berkembang, dan beradaptasi dengan lingkungan.
  3. Menyebabkan Konflik Sosial: Kesombongan dapat menyebabkan ketidakharmonisan dalam hubungan sosial, mengurangi kerjasama, dan memicu konflik.

Manfaat Bersikap Rendah Hati dalam Islam

Bersikap rendah hati dan rendah diri memiliki banyak manfaat yang sejalan dengan ajaran Islam:

Advertisement. Scroll to continue reading.
  • Kebenaran dan Kesadaran: Memiliki kesadaran akan batasan diri, mengakui kebenaran, dan siap belajar dari orang lain.
  • Harmoni dalam Hubungan: Sikap rendah hati menciptakan lingkungan yang harmonis dan saling mendukung.
  • Mendekatkan pada Kebaikan: Bersikap rendah hati mendekatkan diri pada kebaikan, rahmat, dan pertolongan Allah SWT.

Cara Menghindari Kesombongan dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Menerima Nasihat: Terbuka menerima kritik dan nasihat yang membangun.
  • Mengakui Kelebihan Orang Lain: Menghargai dan mengakui kelebihan serta prestasi orang lain.
  • Berdoa dan Memohon Kebaikan: Berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan ketundukan hati dan kerendahan diri.

Penutup

Kesombongan adalah sifat yang dilarang dalam Islam karena membawa dampak yang merugikan. Bersikap rendah hati dan rendah diri adalah tuntunan utama yang dianjurkan dalam agama Islam. Sikap ini membawa kebaikan bagi individu, membuka pintu rahmat Allah, serta menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh kasih di tengah masyarakat. Dengan menjauhi kesombongan, seseorang dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik, lebih bermakna, dan lebih dekat dengan keridhaan Allah SWT.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...