Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Raih Keberkahan Hidup Dengan Shalat Dhuha

shalat

Allah SWT dalam beberapa ayat berjanji dengan waktu Dhuha, yang juga disebut dalam Al-Quran. Dalam pembukaan surat As-Syams, Allah berfirman, “Demi matahari dan demi waktu Dhuha.” Bahkan, ada sebuah surat khusus dalam Al-Quran yang dinamakan Addhuha.

Ketika Allah bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukkan betapa besar dan pentingnya hal itu. Ketika Allah bersumpah dengan waktu Dhuha, hal itu menunjukkan bahwa waktu Dhuha memiliki makna dan pentingannya sendiri. Waktu Dhuha memang memiliki keistimewaan tersendiri. Rasulullah SAW pernah berdoa, “Allahumma baarik ummatii fii bukuurihaa,” yang berarti, “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu pagi.”

Hal ini menegaskan bahwa mereka yang aktif bangun di waktu pagi, khususnya untuk melaksanakan ibadah kepada Allah dan mencari rezeki yang halal, akan mendapatkan berkah dari Allah. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam tidur dan melewatkan shalat Subuh pada waktunya, mungkin tidak akan merasakan berkah tersebut.

Ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dzar, di mana Rasulullah SAW menyebutkan pentingnya bersedekah setiap pagi dengan cara yang sederhana, seperti membaca tasbih, tahmid, takbir, berbuat baik, atau mencegah kemunkaran. Namun, semua amalan tersebut dapat digantikan dengan melaksanakan shalat Dhuha.

Aisyah menceritakan bahwa Rasulullah SAW sering melaksanakan shalat Dhuha dalam empat rakaat. Bahkan, ada riwayat yang mengatakan bahwa beliau pernah melaksanakan shalat Dhuha hingga delapan rakaat. Para ulama hadis juga merekomendasikan hadis yang menyebutkan bahwa seseorang yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah di masjid dan tetap berdiam di tempat shalatnya hingga waktu Dhuha, akan mendapatkan pahala sebanding dengan naik haji dan umrah.

Dari uraian di atas, jelas bahwa shalat Dhuha memiliki kedudukan yang sangat penting dalam agama Islam. Pentingnya shalat Dhuha bukan hanya karena kaitannya dengan mencari rezeki, melainkan juga karena janji Allah dalam Al-Quran. Oleh karena itu, bagi orang beriman, memulai pagi dengan shalat Subuh berjamaah di masjid dan melanjutkannya dengan shalat Dhuha adalah tindakan yang sangat bernilai.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...