Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Inilah Sosok Yang Pertama Kali Merayakan Maulid Nabi

RUANGSUJUD.COM – Maulid Nabi adalah perayaan yang dirayakan untuk mengingat hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Ini sudah berlangsung lama, sejak ratusan tahun yang lalu pada zaman khalifah.

Pertanyaannya, siapa yang pertama kali merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW? Nah, yang pertama kali merayakannya adalah seorang raja bernama Raja Malikul Mudzafar. Dia adalah seorang penguasa di wilayah Irak pada masa itu.

Raja Malikul Mudzafar lahir sekitar tahun 549 H dan meninggal pada 630 H. Dia dikenal sebagai pemimpin yang saleh, bijaksana, dan dermawan. Dia juga mendukung pembangunan masjid dan universitas.

Raja Malikul Mudzafar merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW secara besar-besaran setiap tahun pada bulan Rabiul Awal, pada tanggal 12 Rabiul Awal, yang merupakan tanggal kelahiran Nabi. Dia bahkan menyumbangkan banyak uang pada perayaan ini.

Selain itu, raja ini selalu mengundang banyak tamu, termasuk pemimpin dan ulama dari berbagai negara. Dia juga menyediakan makanan khusus seperti kambing dan unta untuk para tamu.

Bagi raja ini, Nabi Muhammad SAW adalah rahmat bagi seluruh alam, sehingga dia merasa perlu untuk merayakannya dengan sangat megah.

Sejak itu, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi tradisi keagamaan yang diadakan oleh umat Islam, termasuk di Indonesia. Ini adalah cara untuk mengingat ajaran-ajaran dan perilaku baik Nabi Muhammad SAW.

Jadi, sekarang kita tahu siapa yang pertama kali merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kita dapat menggunakan perayaan ini sebagai kesempatan untuk melakukan kebaikan dan mengikuti teladan yang baik.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...