Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kajian

Doa Ketika Ada Angin Kencang dan Artinya

angin tornado
Image by SEBASTIEN MARTY from Pixabay

Adanya angin kencang dapat menimbulkan dampak yang merugikan bagi kehidupan manusia maupun lingkungan sekitar. Oleh karena itu sebagai umat beragama kita perlu menghafalkan doa ketika ada angin kencang. Berikut beberapa akibat yang dapat terjadi akibat angin kencang:

  1. Kerusakan bangunan dan infrastruktur: Angin kencang dengan kecepatan tinggi dapat merusak bangunan dan infrastruktur seperti atap rumah, tiang listrik, dan pohon.
  2. Kecelakaan lalu lintas: Angin kencang juga dapat mempengaruhi kendaraan yang melintas di jalan raya, terutama kendaraan ringan seperti sepeda motor dan mobil yang rentan terguling atau oleng akibat terpaan angin.
  3. Gangguan pada transportasi: Angin kencang juga dapat menyebabkan gangguan pada transportasi udara, laut, dan darat seperti penerbangan yang dibatalkan, kapal yang terombang-ambing, dan kereta api yang terganggu perjalannya.
  4. Potensi terjadinya bencana alam: Angin kencang juga dapat meningkatkan risiko terjadinya bencana alam seperti puting beliung, topan, atau badai yang dapat merusak lingkungan dan memakan korban.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat ketika terjadi angin kencang untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi.

Doa Ketika Ada Angin Kencang dan Artinya Yang Bisa Kamu Hafalkan

Doa dalam Islam memiliki peranan penting dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan seorang muslim. Doa dapat dilakukan dalam segala situasi dan kondisi, termasuk ketika terjadi angin kencang. Berikut ini adalah doa ketika angin kencang dan artinya dalam Islam yang patut dihafalkan.


“أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذِهِ الرِّيْحِ وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ”

A’uudzubillahiminassyaithaanirrajiim… Bismillahirrahmanirrahim….. Allahumma innaa nas’aluka khaira haadzihi riihi wa khaira maa fiihaa wa khaira maa ursilat bihii..

Artinya:

“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ya Allah, kami memohon kebaikan angin ini, segala kebaikan yang terkandung di dalamnya, dan segala kebaikan yang diiringi dengan angin ini. Dan kami memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan angin ini, segala keburukan yang terkandung di dalamnya, dan segala keburukan yang diiringi dengan angin ini.”

Arti doa tersebut adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT dari segala keburukan yang diakibatkan oleh angin kencang, serta memohon kebaikan dan manfaat yang dapat diperoleh dari angin tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Doa ini patut dihafalkan oleh setiap muslim, karena angin kencang dapat membawa dampak yang merugikan bagi kehidupan manusia. Selain itu, doa juga dapat membantu dalam menjaga ketenangan dan keimanan dalam menghadapi segala situasi dan kondisi yang tidak terduga.

Demikianlah doa ketika angin kencang dan artinya dalam Islam yang patut dihafalkan. Semoga doa tersebut dapat menjadi jalan untuk memperoleh perlindungan dan kebaikan dari Allah SWT, serta dapat membantu dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan seorang muslim.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...