Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kajian

7 Kunci Shalat Khusyu Praktis

Shalat Khusyu merupakan salah satu ciri orang-orang yang beriman. Keimanan merupakan sumber keberuntungan. Hal ini disebutkan dalam QS. Al Mu’minun ayat 2. Allah SWT berfirman:

قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ ١ الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلَاتِهِمْ خٰشِعُوْنَ ٢

  1. Sungguh, beruntunglah orang-orang mukmin. 2. (Yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya,

Sayangnya sebagian besar diantara kita masih mengalami kesulitan untuk meraih kekhusyukan dalam shalat. Hal ini karena banyak yang belum tahu bagaiman caranya. Artikel ini akan mencoba menguraikan 7 kunci shalat khusyu yang bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kiat-kiatnya:

Mempersiapkan Diri Sebelum Shalat

Hendaknya seseorang yang akan melakukan shalat mempersiapkan diri dengan baik. Misalnya pakaian yang digunakan adalah pakaian yang terbaik. Tempat yang digunakan adalah tempat terbaik. Kemudian kondisi badan segar. Memakai wewangian. Hal-hal di atas akan berpengaruh terhadap kekhusyukan shalat.

Jika anda diundang presiden untuk bertemu beliau di Istana Merdeka, anda pasti akan menggunakan pakaian terbaik. Shalat adalah momen pertemuan hamba dan RabbNya. Jika dengan presiden saja kita menyiapkan diri sebaik mungkin, apalagi bertemu dengan Sang Pencipta. Seharusnya bisa lebih baik.

Memfokuskan Pikiran

Ketika membaca takbiratul ihram, artinya segala gerakan dan ucapan adalah haram kecuali yang berkaitan dengan shalat. Tak hanya itu, pikiran pun harus difokuskan sepenuhnya kepada bacaan dan gerakan shalat. Memfokuskan pikiran adalah kunci kekhusyukan.

Namun jika dalam shalat kita tiba-tiba memikirkan hal di luar lain, yang harus kita lakukan adalah kembali memfokuskan pikiran kita. Jika terganggu lagi, fokuskan lagi. Begitu seterusnya. Berapa kali pun pikiran kita teralihkan, maka kita harus kembali memfokuskannya kembali.

Memfokuskan Pandangan Ke Tempat Sujud

Dalam shalat pandangan kita tidak boleh diumbar kemana-mana. Melainkan harus fokus hanya ke satu tempat yakni tempat sujud kita. Hal ini membantu kita mencapai kekhusyukan. Fokusnya pandangan kita ke tempat sujud juga membuat kita lebih fokus dalam menjalankan shalat.

Belajar Mengerti Bacaan Shalat

Banyak diantara kita yang hafal bacaan shalat namun tidak mengerti artinya. Padahal dengan mengerti artinya kita bisa lebih meresapi dan merenungi makna di balik bacaan-bacaan shalat. Dengan mengerti arti bacaan shalat kita dapat menanamkan nilai-nilai Ilahiyah ke dalam diri kita yang ada dalam bacaan shalat. Otomatis shalat kita pun akan lebih khusyu dibanding sebelumnya.

Bersikap Tenang Dalam Shalat

Dalam gerakan shalat, kita harus tenang dan tidak terburu-buru. Hal ini disebut dengan thuma’ninah. Sikap tenang dalam shalat akan membuat shalat kita khusyuk. Sebaliknya terburu-buru dalam shalat akan menghilangkan kekhusyukan shalat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Shalat Sambil Mengingat Kematian

Setiap manusia pasti akan mati. Namun tidak ada yang tahu kapan dan dimana pastinya manusia mati. Hal itu membuat kita harus senantiasa siap jika Izrail menjemput. Hal ini bisa diterapkan dalam meraih kekhusyukan shalat. Anggap shalat ini adalah terakhir kita. Hal ini akan membuat kita khusyuk dalam mendirikan shalat.

Sadar Bahwa Anda Sedang Bermunajat Di Hadapan Allah SWT

Shalat artinya anda sedang menghadap Allah SWT untuk meminta pertolongan. Ketika shalat, bayangkan anda sedang berada di hadapan Allah SWT. Hal ini akan membuat shalat anda semakin khusyu. Dalam QS. Al Baqarah: 46 Allah SWT berfirman:

وَاسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ وَاِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَۙ ٤٥ الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ اَنَّهُمْ مُّلٰقُوْا رَبِّهِمْ وَاَنَّهُمْ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ ࣖ ٤٦

  1. Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sesungguhnya (salat) itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, 46. (yaitu) orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan hanya kepada-Nya mereka kembali.

Itulah 7 Kunci Shalat Khusyu yang bisa diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...