RUANGSUJUD.COM - Pergi ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan impian mayoritas muslim di seluruh dunia. Namun hanya yang mampu yang diwajibkan untuk menunaikannya. Karena alasan keterbatasan tempat di Mekkah, yang mampu pun diharuskan untuk mengantri untuk bisa memperoleh kesempatan berhaji. 

Namun antrian untuk menunaikan ibadah haji tidak berlaku bagi seorang pemuda bernama Muhammad Fauzan. Dia nekad untuk pergi berhaji dengan sepeda ontel sejauh 5000 KM. Dia berhasil sampai di Arab Saudi setelah melakukan perjalanan selama 7,5 bulan. 

Dilansir dari Republika, Pemuda Indonesia itu berangkat dari Magelang, Jawa Tengah pada 4 November 2021 dan menunaikan umroh setelah tiba di Makkah pekan lalu. Dia akan bergabung dengan jamaah haji lainnya dari Indonesia, yang mengirimkan peziarah terbesar sebanyak 100.051 orang.

“Niat saya adalah melakukan haji dan mengunjungi Tiga Masjid Suci dalam Islam, Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Aqsa di Yerusalem. Setelah menunaikan haji, saya berencana melanjutkan perjalanan dengan sepeda ke Palestina untuk mengunjungi Masjidil Aqsa dan juga mengunjungi negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) lainnya,” katanya, dikutip di Saudi Gazette, Senin (13/6/2022).

Menurut Fauzan, perjalanan ke Saudi dengan menggunakan sepeda juga menunjukkan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Dia mengaku sepanjang jalan banyak yang berkata bahwa dia tidak mungkin sampai ke Saudi. 

"Pesan saya juga, segala sesuatu yang mungkin kita pikir tidak mungkin bisa terjadi jika memiliki niat baik dan doa yang sungguh-sungguh kepada Tuhan ditambah dengan kerja keras yang tak kenal lelah untuk mencapai tujuan,” ujar dia.

Fauzan merupakan pemegang gelar master dan fasih berbahasa Arab. Dia juga merupakan aktivis Muhammadiyah. Sepanjang perjalanan, beliau mendapatkan bantuan dari LAZISMU lembaga zakat milik Muhammadiyah.

Ia mengatakan pernah berpikir jika ini adalah cara terbaik untuk menunaikan haji tanpa menunggu bertahun-tahun.