RUANGSUJUD.COM - Sebagian diantara kita mungkin tak asing dengan sosok Annabele. Annabele adalah sosok boneka dalam kisah fiksi horror Conjuring Universe. Dalam film-filmnya, diceritakan bahwa Annabele merupakan boneka yang dimiliki oleh seorang gadis kecil. Ayahnya yang membuatnya untuknya. 

Kemalangan menimpa gadis itu, dia ditabrak oleh sebuah mobil sehingga meninggal. Roh gadis itu pun merasuki boneka Annabele. Namun siapapun yang memilikinya, akan ditimpa kutukan berupa kematian. Annabele berhasil dijinakkan oleh sepasang suami istri yang mempunyai kemampuan "ruqyah" handa, yakni Ed dan Loraine. 

Sebagai penikmat film, tentu saja cerita yang disajikan dalam film Annabele bisa menghibur. Namun tahukah anda, bahwa fenomena memelihara boneka yang dipercaya mempunyai arwah sedang menjadi tren hari ini? Sosok artis dan youtuber ikut mempopulerkannya. Bedanya dengan Annabele, boneka arwah dipercaya bisa membawa kebaikan dan keberuntungan bagi pemiliknya. 

Jika memang boneka yang konon dirasuki arwah tersebut dipercaya memang bisa mendatangkan keberuntungan dan menghilangkan kesialan, maka hal ini berpotensi syirik. Dalam QS. Al Jinn: 6 Allah SWT berfirman: 

Dan bahwasannya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin-jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan” [QS. Al-Jin : 6].

Sedangkan jika si pemilik boneka tidak menjadikannya jimat keberuntungan, namun ingin mencoba bermain-main dengan arwah, misalnya memanggil arwah bayinya yang meninggal, ini tetap berbahaya dan rentan terjerumus kepada kesyirikan juga. 

Diantara semua dosa dalam Islam, syirik adalah yang terbesar. Pelaku syirik masih bisa bertaubat dan diampuni jika ajal belum menjemput. Sedangkan jika meninggal sebelum bertaubat, dosa ini sudah tidak bisa lagi diampuni. 

Hal di atas berlaku dengan asumsi bahwa memang benar boneka tersebut ada "isi"nya. Tetap saya pribadi masih ada keraguan, jangan-jangan boneka tersebut hanya penipuan belaka. Klaim boneka arwah hanya klaim sepihak saja. Karena sulit untuk dibuktikan kebenarannya. 

Lalu jika kita lihat dari para influencer boneka tersebut yang mempunyai kanal youtube, dan jual beli boneka tersebut, terlihat sangat kental dengan unsur bisnis. Jangan-jangan ini hanya trik marketing saja. 

Wallahu a'lam