RUANGSUJUD.COM - Youtuber bernama Muhammad Kece tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya konten yang disajikan berisi penghinaan dan penistaan terhadap agama Islam.

Muhammad Kece merupakan seorang murtadin (keluar dari Islam) dan masuk ke dalam agama Kristen. Sosok seperti Muhammad Kece bukanlah satu-satunya. Tercatat Joseph Paul Zhang dan Christian Princess juga merupakan youtuber dengan konten yang menyerang Islam. 

Menanggapi aksi Muhammad Kece, tokoh dua ormas Islam terbesar di Indonesia Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama mendesak aparat segera menangkap youtuber tersebut. 

"Pandangan dan isi ceramah Muhammad Kece sangat kacau, tidak sesuai logika, dan menyesatkan. Terkesan yang bersangkutan nampaknya hanya sekedar mencari sensasi dan popularitas untuk sekedar mengais materi," kata Sekum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti kepada wartawan, Sabtu (21/8/2021).

"Sehubungan dengan beredarnya pernyataan dari seorang yang bernama Muhammad Kece yang dalam pandangan kami pernyataannya ini telah memenuhi unsur hate speech ataupun ujaran kebencian terhadap suatu agama, maka kami menyampaikan kami mengecam keras pernyataan keras dari Muhammad Kece karena ini dapat memanggung kerukunan umat beragama yang telah dibangun selama ini yang luar biasa indahnya," kata Sekjen PBNU, Helmy Faishal Zaini kepada wartawan, Sabtu (21/8/2021).