RUANGSUJUD.COM - Peran sahabat perempuan atau yang disebut dengan Shahabiyyaat sudah diakui oleh para ulama perannya dalam meriwayatkan Hadits Rasulullah SAW. Muhammad Akram Nadwi dalam bukunya “Al-Muhaddithat: The Women Scholars in Islam”, beliau mengemukakan terdapat 8.000 perawi hadis perempuan yang berjasa meriwayatkan hadis di dalam Islam.

Berikut 5 orang shahabiyyaat yang cukup dikenal dan berpengaruh dalam periwayatan hadits Rasulullah SAW:

1. 'Aisyah binti Abi Bakr r.a. (w. 58 H.)

'Aisyah binti Abu Bakr adalah istri Nabi Muhammad SAW sekaligus putri dari sahabat Nabi Abu Bakr Ash Shiddiq. 'Aisyah dinikahi oleh Nabi Muhammad SAW dalam usia yang sangat muda. Posisi 'Aisyah sebagai istri Nabi Muhammad SAW membuatnya tahu seluk beluk kehidupan Nabi. Hal ini membuatnya banyak meriwayatkan hadits mengenai kepribadian dan kehidupan Nabi. Hari ini umat Islam banyak mengambil manfaat dari hadits yang diriwayatkan oleh beliau. 

2. Ummu Salamah (w. 59 H.)

Ummu Salamah bernama asli Hind binti Umayyah. Ummu Salamah mengalami hijrah selama dua kali yakni ke Habasyah dan Madinah. Beliau adalah istri dari Abu Salamah seorang sahabat Nabi. Setelah suaminya wafat pada Perang Uhud, Rasulullah SAW menikahinya pada tahun ke-4 hijriah. Ummu Salamah banyak meriwayatkan hadits dari suaminya dan juga dari putri Rasulullah SAW Fathimah. 

3. Maimunah binti Al Harits (w. 51 H.)

Maimunah binti Harits merupakan istri Rasulullah SAW yang dinikahi pada tahun ke-7 hijriyah setelah perjanjian Hudaibiyah. Maimunah adalah bibi dari Khalid bin Walid dan Ibnu Abbas. Jumlah hadits yang disandarkan kepadanya dalam Kutubut Tis'ah berjumlah 172 hadits. 

4. Hafshah binti Umar bin Khattab (45 H.)

Hafshah adalah putri dari Sahabat Nabi SAW Umar bin Khattab sekaligus istrinya. Hafshah tercatat meriwayatkan 147 hadits dari Rasulullah SAW. Hal ini menunjukkan bahwa Hafshah adalah seorang istri Nabi yang aktif meriwayatkan hadits. 

5. Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan (w. 42 H.)

Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan merupakan anak dari Sahabat Nabi Muhammad SAW Abu Sufyan yang masuk Islam ketika Fathu Makkah. Ummu Habibah lebih dulu masuk Islam mengikuti suaminya Ubaidillah. Dia ikut hijrah ke Habasyah. Setelah suaminya meninggal, Rasulullah SAW meminangnya. Ummu Habibah meriwayatkan 144 hadits sebagian langsung dari Rasulullah SAW sebagian lagi dari Zainab binti Jahsyi.