RUANGSUJUD.COM - Ada sebuah kisah menarik yang terjadi saat Rasulullah SAW dan para sahabat makan kurma. Kisah ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Salah satu sahabat yang ikut dalam makan bersama tersebut adalah Ali bin Abi Thalib, sahabat serta menantu Rasulullah SAW. 

Entah kenapa tiba-tiba Ali bin Abi Thalib mempunyai ide untuk bercanda dengan Rasulullah SAW. Diam-diam biji kurma yang telah dia makan diletakkan di depan Rasulullah SAW.

Hal itu membuat seolah-olah Rasulullah SAW memakan banyak kurma dibanding yang lain. Sementara tidak ada biji kurma di depan Ali. 

Ali pun mulai melancarkan aksinya. Lantas Ali berkata “Ya Nabi, engkau memakan kurma lebih banyak daripada aku, lihatlah biji biji kurma yang menumpuk di tempatmu.”

Nabi pun tertawa dan sambil bercanda menjawab,“Nah Ali, kamulah yang memakan lebih banyak kurma, karena aku memakan kurma dan masih menyisakan bijinya, sedangkan engkau memakan kurma sekalian dengan biji-bijinya.” 

Kisah di atas menunjukkan bahwa kehidupan Nabi dan para sahabat tidak selalu diisi dengan hal-hal serius. Terkadang juga diselingi dengan canda tawa. Hal ini merupakan hal yang sangat manusiawi.