RUANGSUJUD.COM - Diakui atau tidak, olah raga merupakan sarana yang sangat efektif guna mengenalkan Islam kepada masyarakat dunia. Sampai hari ini, masih banyak di belahan bumi masyarakat yang antipati terhadap agama Islam.

Stigma agama Islam mengenai kekerasan, agama teror, jihad dengan pedang masih mengakar di negara barat. Tak heran muncul fenomena Islamophobia yang berasal dari pemahaman yang salah mengenai Islam. 

Lantas siapakah yang bisa meluruskan pemahaman tersebut? Tentu saja para da'i atau mubaligh yang berdakwah di negara barat. Sayangnya jangkauan para da'i terbatas hanya sebatas jamaahnya saja.

Untungnya ada sebagian olahragawan muslim yang berprestasi di dunia. Secara tidak langsung, mereka berhasil mengenalkan Islam dengan prestasinya. Berikut akan kita ulas 5 orang atlet dunia yang memeluk agama Islam:

1. Mohammed Salah

Mohammed Salah merupakan pemain Liverpool yang berprestasi. Dia berkontribusi dalam prestasi Liverpool beberapa tahun ini yang berhasil menjuarai Liga Champions dan juga berada di papan atas Liga Inggris. 

Pria kelahiran Mesir ini menginspirasi banyak orang di barat dan membuat mereka simpati dengan Islam. Kedatangan Salah membuat citra umat Islam di Inggris membaik. Hal ini dibuktikan dengan hasil riset bahwa ujaran kebencian anti muslim menurun drastis dan tingkat kejahatan berdasarkan diskriminasi pun menurun di Inggris. 

2. Khabib Nurmagomedov

Khabib Nurmagomedov adalah seorang atlet Mixed Martial Art (MMA) yang beragama Islam. Khabib tidak segan menunjukan ketaatannya pada Islam dalam momen-momen pertandingan. Khabib tidak meminum alkohol dan pergi ke tempat hiburan malam seperti yang dilakukan atlet lain. 

Nama Khabib sempat naik daun karena peristiwa penghinaan yang dilakukan oleh McGregor. Khabib tidak menerima saat agamanya dihina sehingga dia memberi pelajaran kepada Gregor. Khabib juga sempat melayangkan protes kepada Presiden Perancis Macron atas sikapnya terhadap karikatur Nabi Muhammad SAW. 

3. Muhammad Ali

Muhammad Ali adalah petinju legendaris asal Amerika Serikat yang telah wafat pada tahun 2016 lalu. Muhammad Ali memutuskan untuk masuk Islam saat sedang berada di puncak karirnya. Nama kecilnya Cassius Clay, dia mengganti namanya saat menjadi mualaf. 

Muhammad Ali menggunakan ajaran Islam untuk advokasinya kepada kaum kulit hitam. Seperti diketahui, rasisme masih menjadi problem sosial di Amerika Serikat. Menurut Ali, Islam adalah agama yang bukan berasal dari manusia dan sesuai dengan nilai kemanusiaan. 

4. Shaquille O'Neal

O'Neal lahir dari orang tua beda agama. Ayahnya muslim dan ibunya non muslim. O'Neal memutuskan untuk ikut agama ayahnya. O'Neal adalah seorang atlet profesional NBA. Dia bergabung dengan tim-tim besar NBA dan menorehkan prestasi dalam olah raga basket. 

Selain menjadi seorang atlet, Shaq adalah seorang penyanyi rap dan juga pemain film. Ia pun beberapa kali tampil dalam acara televisi. Sebagai penyanyi, Shaq telah menelurkan beberapa buah album rap. Untuk film, Shaq juga masih aktif sampai dengan tahun 2011 lalu, dimana ia menjadi cameo dalam film komedi Jack and Jill. Sayang salah satu filmnya yang berjudul Steel (1997) membuatnya dinominasikan sebagai aktor terburuk di Razzie Award.

5. Toprak Razgatlioglu

Toprak adalah pembalap motor asal Turki yang berhasil meraih juara dalam gelaran WSBK di Mandalika Nusa Tengara Barat. Toprak memperlihatkan identitas kemuslimannya dengan tidak berkenan melakukan ritual membuka sampanye saat meraih juara. Toprak mendadak populer di masyarakat Indonesia karena namanya yang mirip dengan makanan khas Indonesia, ketoprak.