RUANGSUJUD.COM - Kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan rahmat bagi seluruh alam semesta. Lahirnya manusia mulia dan agung diperingati oleh mayoritas muslim di dunia dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Namun tahukah kalian, bahwa ada 5 peristiwa besar yang terjadi bersamaan dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW? Berikut akan kita ulas satu per satu:

1. Hancurnya Pasukan Gajah Abrahah

Tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai tahun gajah. Penamaan ini disebabkan peristiwa penyerbuan Raja Abrahah dari Yaman untuk menghancurkan ka'bah. Dalam Surat Al Fiil diceritakan bahwa pasukan gajah tersebut dihancurkan oleh burung Ababil yang membawa batu dari neraka. Abrahah gagal menwujudkan keinginannya menghancurkan ka'bah. 

2. Munculnya Cahaya Terang Menyinari Istana-istana Syam

Peristiwa ini diriwayatkan oleh seorang ulama bernama Ibnu Sa'ad yang menceritakan bahwa Aminah ibunda Rasulullah berkata, “Setelah bayiku lahir, aku melihat ada cahaya yang keluar dari jalan lahirnya, menyinari istana-istana di Syam.” 

Menurut para ulama riwayat tersebut menjadi nubuat bahwa kelak Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya akan berhasil menaklukan Romawi. Benar saja pada masa kekhalifahan sepeninggal Nabi Muhammad SAW, umat Islam berhasil memperluas wilayah sampai ke Syam yang sebelumnya dikuasai Romawi. 

3. Runtuhnya 14 Balkon Istana Kisra

Riwayat mengenai runtuhnya 14 balkon Istana Kisra disampaikan oleh Imam Baihaqi. Kisra merupakan Raja Persia yang hidup pada masa Nabi Muhammad SAW. Runtuhnya istana tersebut seakan menjadi nubuat kejatuhan Persia oleh umat Islam. Benar saja kelak, umat Islam berhasil menaklukan salah satu peradaban besar tersebut. 

4. Padamnya Api Di Biara Majusi

Padamnya api di biara majusi membuat banyak orang majusi yang masuk Islam kelak. Salah satunya adalah Salman Al Farisi. Seperti diketahui majusi merupakan agama yang menyembah api dan menuhankan api. Di kuil mereka, senantiasa disimpan api yang tak pernah padam. Suatu hari api terbesar mereka padam bersamaan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hal ini mengejutkan kaum Majusi. 

5. Runtuhnya Gereja Di Buhairah

Runtuhnya gereja di Buhairah yakni tenggelam ke tanah ini juga diriwayatkan Al Baihaqi sebagaimana dua peristiwa sebelumnya. Syaikh Shafiyyurrahman Al Mubarakfuri mencantumkannya di Ar Rakhiqul Makhtum. Namun riwayat ini diperselisihkan.