Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Amr bin Ash: Sahabat Rasulullah ﷺ yang Diangkat Menjadi Gubernur Mesir

Dalam sejarah Islam, nama-nama para sahabat Nabi Muhammad ﷺ selalu dikenang sebagai teladan yang inspiratif dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu sahabat yang memperlihatkan kehebatan dalam pemerintahan adalah Amr bin Ash. Pengangkatannya sebagai gubernur Mesir oleh khalifah Umar bin Khattab menandai salah satu momen penting dalam sejarah Islam. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri perjalanan hidup Amr bin Ash serta kontribusinya sebagai gubernur Mesir.

Perjalanan Hidup Amr bin Ash

Amr bin Ash lahir di Makkah dan tumbuh di tengah-tengah masyarakat yang tengah berjuang memperjuangkan kebenaran Islam. Beliau termasuk dalam golongan awal yang memeluk agama Islam dan menjadi sahabat Rasulullah ﷺ. Sebagai seorang sahabat yang tekun, Amr bin Ash ikut serta dalam berbagai perang dan ekspedisi yang dipimpin oleh Nabi Muhammad ﷺ.

Ketika Islam mulai menyebar ke wilayah-wilayah baru, Amr bin Ash juga terlibat dalam penyebaran dakwah ke Mesir. Keterlibatannya dalam penaklukan Mesir membuktikan dedikasinya terhadap agama dan negara Islam.

Pengangkatan sebagai Gubernur Mesir

Setelah penaklukan Mesir oleh pasukan Islam, khalifah Umar bin Khattab memilih Amr bin Ash sebagai gubernur Mesir. Keputusan ini tidak hanya didasarkan pada keberanian dan keberhasilan Amr bin Ash dalam penaklukan Mesir, tetapi juga pada kepemimpinan dan kebijaksanaannya yang terbukti selama bergabung dengan umat Islam.

Sebagai seorang gubernur, Amr bin Ash menunjukkan kemampuan administratif yang luar biasa. Beliau memimpin Mesir dengan adil dan bijaksana, memastikan keamanan dan kesejahteraan rakyat, serta mengembangkan infrastruktur dan perekonomian Mesir.

Kontribusi sebagai Gubernur Mesir

Sebagai seorang pemimpin, Amr bin Ash memberikan perhatian khusus pada pendidikan, pembangunan masjid, dan pelayanan kesehatan untuk rakyat Mesir. Beliau juga menerapkan kebijakan agraria yang adil, memastikan distribusi tanah yang merata di antara rakyat.

Amr bin Ash juga terkenal karena menghapuskan pajak tambahan yang memberatkan rakyat Mesir sebelum kedatangan Islam. Keputusan ini memperoleh pujian dari rakyat Mesir dan menegaskan reputasi Amr bin Ash sebagai pemimpin yang adil dan peduli terhadap kepentingan rakyat.

Warisan dan Teladan

Warisan Amr bin Ash sebagai gubernur Mesir tidak hanya terlihat dari pembangunan fisik dan keamanan yang diwujudkannya, tetapi juga dari integritas moral dan keadilan yang diperlihatkannya dalam menjalankan tugas-tugasnya. Pengabdiannya kepada Islam dan rakyat menjadi inspirasi bagi pemimpin masa kini untuk mengambil teladan dalam memimpin dengan keadilan dan integritas.

Kesimpulan

Amr bin Ash adalah salah satu sahabat Rasulullah ﷺ yang menunjukkan kehebatannya dalam pemerintahan sebagai gubernur Mesir. Dedikasi, kepemimpinan, dan keadilan yang diperlihatkannya menjadikan Amr bin Ash sebagai teladan yang inspiratif bagi pemimpin Muslim di seluruh dunia. Semoga kisah hidup Amr bin Ash menginspirasi kita semua untuk berjuang demi kebenaran, keadilan, dan kesejahteraan umat Islam di masa kini.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...