Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Ciri-Ciri Hari Kiamat Menurut Ajaran Islam

Dalam ajaran Islam, Hari Kiamat adalah suatu peristiwa besar yang akan terjadi pada akhir zaman. Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memberikan petunjuk-petunjuk dan ciri-ciri yang jelas mengenai kedatangan Hari Kiamat dalam Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad ﷺ. Dalam tulisan ini, kita akan membahas beberapa ciri-ciri utama yang menandakan kedatangan Hari Kiamat menurut ajaran Islam.

1. Kebangkitan Para Nabi dan Orang-Orang Saleh

Salah satu ciri utama Hari Kiamat adalah kebangkitan para nabi dan orang-orang saleh dari kubur mereka. Mereka akan kembali ke dunia sebagai bukti kebenaran risalah yang mereka sampaikan kepada umat manusia. Kebangkitan ini akan menjadi momen penting yang meneguhkan keyakinan umat dalam ajaran Allah.

2. Munculnya Dajjal

Dajjal, yang juga dikenal sebagai Al-Masih Ad-Dajjal, adalah sosok pembohong besar yang akan muncul menjelang Hari Kiamat. Dia akan mengaku sebagai nabi palsu dan melakukan berbagai mukjizat untuk menyesatkan manusia. Kehadirannya menjadi ujian besar bagi umat Islam untuk tetap teguh dalam iman dan taqwa.

3. Turunnya Isa Al-Masih

Dalam Islam, Isa Al-Masih (Yesus) dianggap sebagai seorang nabi yang besar. Dijelaskan dalam hadis, beliau akan turun kembali ke dunia menjelang Hari Kiamat. Kehadirannya akan membawa keadilan dan damai serta mengalahkan Dajjal.

4. Timbulnya Perang dan Kekacauan

Salah satu ciri yang menandakan kedatangan Hari Kiamat adalah meningkatnya perang, kekacauan, dan ketidakadilan di seluruh dunia. Al-Quran dan hadis-hadis menggambarkan bahwa umat manusia akan mengalami masa-masa sulit sebelum kedatangan Hari Kiamat.

5. Penyebaran Keburukan dan Kegelapan

Kedatangan Hari Kiamat akan ditandai dengan penyebaran keburukan, kejahatan, dan kegelapan moral di seluruh dunia. Manusia akan cenderung menjauh dari ajaran Allah dan melakukan perbuatan yang melanggar norma-norma agama dan moral.

6. Munculnya Tanda-Tanda Alam

Alam semesta akan memberikan tanda-tanda yang menakutkan menjelang Hari Kiamat. Gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, dan fenomena alam lainnya akan meningkat secara signifikan, mengingatkan manusia akan kekuasaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

7. Menjelang Hari Kiamat

Seiring dengan munculnya tanda-tanda tersebut, manusia akan semakin dekat dengan kedatangan Hari Kiamat. Setiap individu dipanggil untuk merenungkan akhirat dan memperbaiki hubungan mereka dengan Allah serta sesama manusia.

Kesimpulan

Ciri-ciri Hari Kiamat menurut ajaran Islam memberikan pandangan yang mendalam tentang apa yang akan terjadi di akhir zaman. Melalui pemahaman akan ciri-ciri ini, umat Islam diingatkan untuk selalu memperkuat iman, meningkatkan amal ibadah, dan menjauhi perbuatan dosa. Semoga dengan ketaatan kepada ajaran Allah, kita semua dapat menghadapi Hari Kiamat dengan tenang dan diberikan keberkahan di dunia dan akhirat. Amin.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...