Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Memahami Konsep Taqwa: Pangkal Kesuksesan di Dunia dan Akhirat

Poin kelima membahas tentang pentingnya memahami konsep taqwa sebagai pangkal kesuksesan di dunia dan akhirat. Taqwa adalah salah satu konsep sentral dalam agama Islam yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan seorang Muslim.

Pertama-tama, memahami konsep taqwa berarti memiliki kesadaran akan keberadaan Allah SWT serta taat dan takwa kepada-Nya dalam setiap aspek kehidupan. Taqwa bukan sekadar ketaatan formal, tetapi mencakup kesadaran yang mendalam akan adanya pengawasan Allah SWT dalam segala hal yang dilakukan. Seorang yang bertaqwa akan senantiasa berusaha menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama, menghindari larangan-Nya, dan berbuat baik kepada sesama manusia.

Selanjutnya, memahami konsep taqwa juga berarti memiliki rasa takut dan kagum yang besar kepada Allah SWT. Takwa adalah perasaan takut akan murka Allah dan kagum akan kebesaran-Nya, yang mendorong seseorang untuk senantiasa menjaga diri dari perbuatan dosa dan terus berusaha mendekatkan diri kepada-Nya. Rasulullah SAW bersabda, “Taqwa adalah di sini,” seraya menunjuk dadanya tiga kali. “Taqwa adalah di sini,” seraya menunjuk lidahnya tiga kali. “Taqwa adalah di sini,” seraya menunjuk dadanya tiga kali. “Tidaklah cukup bagi seseorang untuk menghindari neraka dengan mengatakan, ‘Demi Allah aku tidak akan jatuh ke dalam neraka,’ akan tetapi ia harus meyakini dan mematuhi perintah Allah dan larangan-Nya.”

Selain itu, memahami konsep taqwa juga berarti memiliki kesadaran akan akibat dari setiap perbuatan yang dilakukan. Seorang yang bertaqwa akan senantiasa mempertimbangkan konsekuensi dari tindakan dan perkataannya, baik di dunia maupun di akhirat. Ia tidak akan mengorbankan prinsip-prinsip agama demi kepentingan duniawi semata, tetapi akan tetap teguh pada kebenaran dan keadilan, meskipun dalam situasi yang sulit sekalipun.

Terakhir, memahami konsep taqwa juga berarti memiliki harapan dan keyakinan akan rahmat dan ampunan Allah SWT. Seorang yang bertaqwa akan selalu berusaha untuk memperbaiki diri, meskipun ia terkadang melakukan kesalahan. Ia yakin bahwa Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang, dan selalu siap menerima taubat hamba yang kembali kepada-Nya dengan sungguh-sungguh.

Dengan demikian, memahami konsep taqwa merupakan pangkal kesuksesan di dunia dan akhirat bagi seorang Muslim. Taqwa mempengaruhi setiap aspek kehidupan seseorang dan menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan dengan penuh kesadaran akan keberadaan Allah SWT. Dengan memahami dan mengamalkan konsep taqwa, seseorang akan mampu meraih keberkahan di dunia dan kebahagiaan yang abadi di akhirat.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...