Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Larangan Bully dalam Ajaran Islam

Bullying atau intimidasi merupakan perilaku yang merugikan dan tidak bermoral. Dalam ajaran Islam, praktik bullying ditegaskan sebagai sesuatu yang tidak diperkenankan dan bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan serta keadilan yang diajarkan oleh agama ini. Artikel ini akan membahas larangan bully dalam ajaran Islam serta pentingnya menghormati kemanusiaan dalam berinteraksi dengan sesama.

1. Konsep Kemanusiaan dalam Islam

Islam mengajarkan perlakuan yang adil, kasih sayang, dan rasa hormat terhadap semua manusia, tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, atau budaya. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, “Dan sesungguhnya Kami telah mengagungkan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik, dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang Kami ciptakan.” (QS. Al-Israa: 70)

Dari ayat ini, jelas bahwa setiap manusia dihargai oleh Allah SWT dan memiliki nilai yang sama di hadapan-Nya. Oleh karena itu, memperlakukan sesama dengan keadilan, kasih sayang, dan penghargaan adalah ajaran fundamental dalam Islam.

2. Larangan Bullying dalam Hadis Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW, sebagai contoh teladan bagi umat Islam, juga menegaskan larangan terhadap perilaku bully atau intimidasi. Dalam berbagai hadisnya, beliau mengajarkan pentingnya berlaku adil, lemah lembut, dan tidak menyakiti perasaan orang lain.

Salah satu hadis yang terkenal adalah, “Janganlah kamu saling hasad-menghasud dan saling mendengki; dan janganlah kamu saling membelakangi; dan hendaklah kamu menjadi hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Muslim)

Hadis ini menegaskan pentingnya menjauhi perasaan iri hati, dengki, dan sikap merendahkan orang lain. Sebaliknya, umat Islam diajak untuk bersikap penuh kasih sayang, empati, dan menjaga persaudaraan.

3. Dampak Negatif Bullying

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bullying tidak hanya merugikan korban secara emosional dan psikologis, tetapi juga melanggar prinsip-prinsip kemanusiaan yang diajarkan dalam Islam. Tindakan intimidasi bisa mengakibatkan trauma jangka panjang bagi korban, menurunkan rasa percaya diri, dan bahkan menyebabkan depresi atau perasaan putus asa.

Selain itu, bullying juga menciptakan ketegangan dan konflik dalam masyarakat, yang bertentangan dengan nilai-nilai persaudaraan dan kedamaian yang dianjurkan oleh Islam. Oleh karena itu, umat Islam diingatkan untuk menjauhi segala bentuk perilaku yang merugikan dan merendahkan martabat sesama manusia.

4. Menghormati Kemanusiaan dalam Interaksi Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, umat Islam diminta untuk menghormati kemanusiaan dalam setiap interaksi mereka dengan sesama. Ini mencakup sikap penuh kasih sayang, pengertian, dan kesabaran terhadap orang lain, serta menjauhi segala bentuk perilaku yang merugikan atau merendahkan.

Masyarakat Muslim juga harus aktif dalam memerangi bullying dengan mendidik dan membimbing generasi muda tentang pentingnya sikap hormat dan empati terhadap sesama. Program-program anti-bullying di sekolah dan masyarakat dapat membantu menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua individu.

Dengan mempraktikkan nilai-nilai kemanusiaan yang diajarkan oleh Islam, umat Muslim dapat menjadi contoh yang baik dalam membangun masyarakat yang berbudaya, harmonis, dan penuh kasih sayang. Dengan demikian, larangan bully dalam ajaran Islam bukan hanya sekadar perintah, tetapi juga panggilan untuk menghormati dan menghargai kemanusiaan setiap individu.

Revana Khatarina
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...