Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Balasan Allah SWT Bagi Orang yang Bersyukur

Bersyukur adalah sikap yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Allah SWT dalam Al-Qur’an seringkali menekankan pentingnya bersyukur dan janji-Nya terhadap orang-orang yang bersyukur. Balasan Allah bagi orang yang bersyukur mencakup berbagai aspek kehidupan, baik dunia maupun akhirat. Berikut adalah beberapa bentuk balasan Allah bagi orang yang bersyukur:

  1. Rahmat dan Ampunan: Allah berfirman dalam Al-Qur’an, “Dan (ingatlah) tatkala Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur (nikmat-Ku), pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'” (Ibrahim: 7) Allah menjanjikan penambahan nikmat dan rahmat-Nya bagi orang yang bersyukur.
  2. Pertolongan dan Perlindungan: Orang yang bersyukur akan merasakan pertolongan Allah dalam setiap aspek kehidupannya. Allah SWT menegaskan dalam Al-Qur’an, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'” (Ibrahim: 7) Bersyukur membuka pintu pertolongan dan perlindungan dari Allah.
  3. Peningkatan Kesejahteraan Hidup: Orang yang bersyukur akan merasakan peningkatan kesejahteraan dalam kehidupannya. Baik secara materi, kesehatan, atau hubungan sosial, Allah menjanjikan peningkatan bagi orang yang bersyukur. Allah berfirman, “Jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu.” (Ibrahim: 7)
  4. Kebahagiaan Batiniah: Bersyukur membawa kebahagiaan batiniah dan ketenangan jiwa. Dalam setiap cobaan dan ujian, orang yang bersyukur akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan karena keyakinannya bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah bagian dari rencana Allah yang Maha Bijaksana.
  5. Pengampunan Dosa: Allah SWT menjanjikan pengampunan dosa bagi orang yang bersyukur. Dalam banyak ayat Al-Qur’an, Allah menegaskan bahwa bersyukur merupakan bentuk ketaatan dan ibadah yang dapat membawa pengampunan dan keridhaan-Nya.
  6. Peningkatan Kecintaan Allah: Orang yang bersyukur akan merasakan peningkatan dalam kecintaan Allah. Dalam sujud syukur dan doa-doa mereka, mereka membangun hubungan yang lebih dekat dengan Sang Pencipta.
  7. Pahala di Akhirat: Balasan yang paling utama bagi orang yang bersyukur adalah pahala di akhirat. Allah menjanjikan surga sebagai balasan bagi orang-orang yang bersyukur dan taat kepada-Nya. “Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu; dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.'” (Ibrahim: 7)

Dengan memahami dan mengamalkan sikap bersyukur, seseorang tidak hanya memperoleh berkah di dunia, tetapi juga meraih kebahagiaan dan kesuksesan abadi di akhirat. Allah SWT adalah Maha Pengasih dan Maha Pemurah, dan janji-Nya bagi orang yang bersyukur merupakan bentuk kasih sayang dan keadilan-Nya yang sempurna.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...