Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Ini Alasan Kenapa Kita Jangan Tinggalkan Membaca Al-Quran

Al-Quran, kitab suci umat Islam, adalah cahaya yang memberikan petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Di tengah kesibukan dunia modern, penting bagi setiap Muslim untuk memahami pentingnya membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Quran. Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sebaik-baik di antara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya.” Pesan ini menjadi landasan kuat yang menggambarkan keutamaan dalam menghafal, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Quran.

1. Sumber Petunjuk dan Ketenangan

Al-Quran adalah sumber petunjuk bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan. Firman Allah SWT dalam Al-Quran adalah pedoman hidup yang membimbing dalam segala aspek kehidupan, mulai dari urusan pribadi hingga sosial. Bukan hanya sebagai tuntunan, membaca Al-Quran juga memberikan ketenangan batin. Saat hati kita terasa gelisah atau penuh kecemasan, membaca Al-Quran dapat menjadi obat yang menenangkan jiwa.

2. Pengembangan Diri dan Kedekatan dengan Allah SWT

Membaca Al-Quran bukan hanya sekadar membaca teks, tetapi juga proses pengembangan diri. Al-Quran adalah kata-kata Allah yang memicu pemikiran, refleksi, dan introspeksi diri. Dengan memahami dan merenungkan maknanya, seseorang dapat memperbaiki diri dan memperdalam hubungan spiritual dengan Sang Pencipta. Setiap ayat Al-Quran memiliki hikmah yang dapat diambil sebagai pelajaran untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

3. Pemeliharaan Tradisi dan Warisan Keislaman

Menjaga tradisi membaca Al-Quran adalah cara untuk memelihara warisan keislaman. Generasi sebelumnya telah mewariskan kebiasaan membaca Al-Quran dengan baik, dan sebagai umat Islam, kita memiliki tanggung jawab untuk meneruskannya. Ini bukan hanya tentang membaca, tetapi juga tentang menerapkan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkuat identitas keislaman kita.

4. Penyembuhan Rohani dan Fisik

Al-Quran juga memiliki keajaiban penyembuhan, baik secara rohani maupun fisik. Banyak ayat Al-Quran yang disebutkan sebagai penyembuh bagi berbagai penyakit dan kesulitan. Kita dapat menemukan ketenangan dalam hati dan harapan dalam setiap ayat yang dibacakan. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Sesungguhnya dalam Al-Quran terdapat obat penawar bagi berbagai penyakit.”

5. Keberkahan dalam Kehidupan

Membaca Al-Quran dengan memahami dan mengamalkan ajarannya juga membawa berkah dalam kehidupan. Allah menjanjikan berbagai kebaikan bagi orang-orang yang mendengarkan, memahami, serta mengamalkan ajaran-Nya. Kehadiran Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari membawa berkah yang melimpah, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

Dalam kesibukan modern, mudah bagi kita untuk terjerumus dalam aktivitas yang mengesampingkan bacaan Al-Quran. Namun, kita harus ingat bahwa keutamaan membaca Al-Quran tidak tergantikan oleh kesibukan apapun. Setiap waktu yang dihabiskan dalam membaca Al-Quran adalah investasi yang berharga untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, mari jangan meninggalkan Al-Quran sebagai bagian dari kehidupan kita. Jadikanlah membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Quran sebagai rutinitas harian yang tak terpisahkan. Dengan begitu, kita dapat merasakan keberkahan, ketenangan, dan petunjuk yang Allah janjikan bagi orang-orang yang mendekatkan diri kepada-Nya.

Sebagaimana disampaikan dalam Al-Quran sendiri, “Dan kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Israa: 82)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Maka, mari bersama-sama memelihara hubungan yang erat dengan Al-Quran dan membiarkannya menjadi cahaya dalam kehidupan kita. Dengan begitu, kita dapat meraih kebahagiaan sejati di dunia dan kebahagiaan abadi di akhirat.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...