Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Menjadi Lebih Baik Hari Ini: Tantangan dalam Kehidupan Menurut Ajaran Islam

Konsep untuk menjadi lebih baik dari hari sebelumnya adalah prinsip yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam. Dalam Islam, setiap hari dianggap sebagai kesempatan yang diberkahi untuk meningkatkan diri, memperbaiki hubungan dengan Allah SWT, dan memperbaiki kualitas hidup.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (Surah Ali ‘Imran: 102). Ayat ini menegaskan pentingnya meningkatkan takwa, yaitu kesadaran dan ketakutan akan Allah, serta menjalani hidup sesuai dengan ajaran-Nya.

Menjadi lebih baik dari hari sebelumnya dalam Islam tidak hanya berkaitan dengan pencapaian materi atau kesuksesan dunia semata. Lebih dari itu, menjadi lebih baik berarti meningkatkan spiritualitas, moralitas, dan kontribusi positif terhadap masyarakat.

Salah satu cara utama untuk menjadi lebih baik adalah melalui amalan kebaikan dan ibadah. Rasulullah SAW bersabda, “Setiap amal (baik) itu adalah sedekah. Dan sesungguhnya manusia itu diperhitungkan (pahalanya) dengan amal perbuatannya yang terbaik.” (Hadis Riwayat Muslim). Dari hadis ini, kita dipersilakan untuk melakukan kebaikan dalam berbagai bentuk, bahkan tindakan kecil sekalipun, seperti senyum kepada sesama atau menolong orang lain, dianggap sebagai amal yang baik.

Selain itu, memperdalam pengetahuan agama juga merupakan langkah penting untuk menjadi lebih baik. Belajar Al-Qur’an, hadis, dan memahami ajaran Islam adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seiring dengan itu, penting juga untuk mengambil pelajaran dari kesalahan masa lalu, berusaha untuk memperbaiki diri, dan meminta ampun kepada Allah SWT.

Dalam konteks sosial, menjadi lebih baik dari hari sebelumnya dalam Islam juga berarti memperbaiki hubungan dengan sesama. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Kamu tidak akan masuk surga sehingga kamu beriman dan kamu tidak akan beriman sampai kamu saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang kalau kamu melakukannya, kamu akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.” (Hadis Riwayat Muslim).

Hal ini menekankan pentingnya menciptakan kedamaian dan keharmonisan dalam hubungan sosial, bersikap adil, penuh kasih sayang, dan membantu sesama tanpa pamrih. Memperbaiki hubungan antarmanusia adalah bagian integral dari ajaran Islam untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera dan beradab.

Namun, menjadi lebih baik dari hari sebelumnya juga menghadapi sejumlah tantangan. Dalam dunia modern yang penuh dengan godaan dan tantangan, mempertahankan kesucian akhlak, kesederhanaan, dan komitmen terhadap ajaran agama dapat menjadi sulit.

Namun demikian, sebagai umat Muslim, tantangan ini harus dihadapi dengan keteguhan iman, kesabaran, dan konsistensi dalam menjalankan ajaran agama. Dengan memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menghadapi setiap hari dengan tekad untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam kesimpulannya, menjadi lebih baik dari hari sebelumnya adalah panggilan dalam ajaran Islam yang mengajarkan bahwa perubahan ke arah yang lebih baik adalah proses yang berkelanjutan. Dengan mengamalkan ajaran agama, melakukan amal kebaikan, dan memperbaiki hubungan sosial, setiap hari dapat menjadi langkah menuju kesempurnaan spiritual dan moral sesuai dengan ajaran Islam.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...