Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Bergegaslah Terhadap Hal yang Bermanfaat Bagimu Menurut Ajaran Islam

Dalam ajaran Islam, penting bagi setiap individu untuk berusaha dengan sungguh-sungguh dalam mencari hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Prinsip ini tercermin dalam banyak ayat Al-Quran dan hadis yang menekankan tentang pentingnya berusaha dan bertindak secara proaktif dalam mencari kebaikan.

Mengarahkan Langkah ke Hal yang Bermanfaat

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Asr ayat 1-3: “Demi masa, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” Ayat ini menggarisbawahi bahwa waktu manusia itu berharga dan harus dimanfaatkan dengan baik untuk berusaha dalam kebaikan dan berpegang teguh pada kebenaran.

Mengapa Penting untuk Bergegas Menuju yang Bermanfaat?

  1. Menumbuhkan Keberkahan dalam Waktu: Setiap detik dalam hidup memiliki nilai yang besar. Bergegas untuk melakukan kebaikan berarti memanfaatkan waktu dengan efektif dan mengharapkan berkah dari Allah atas usaha yang dilakukan.
  2. Mencapai Tujuan yang Mulia: Berusaha terhadap hal yang bermanfaat membantu individu untuk mencapai tujuan yang mulia, baik dalam karier, pendidikan, maupun kebaikan spiritual.
  3. Memberikan Manfaat bagi Diri Sendiri dan Orang Lain: Tindakan yang bermanfaat tidak hanya menguntungkan individu, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Misalnya, membantu sesama, berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, dan sebagainya.

Ajaran Islam tentang Berusaha dan Bergegas Menuju Kebaikan

  1. Tawakkal: Meskipun berusaha keras, seorang Muslim diajarkan untuk selalu bertawakkal kepada Allah. Percaya bahwa hasil akhir dari setiap usaha bergantung pada kehendak dan takdir-Nya.
  2. Berbuat Baik dalam Setiap Aspek Hidup: Islam mendorong untuk berbuat baik dalam segala hal, baik dalam pekerjaan, pergaulan, pendidikan, maupun beribadah kepada Allah.
  3. Menghargai Ilmu dan Pendidikan: Islam mendorong umatnya untuk mencari ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Ilmu yang diperoleh dapat digunakan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Implementasi dalam Kehidupan Sehari-hari

  1. Pendidikan dan Pengetahuan: Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, baik melalui pendidikan formal maupun informal, yang bermanfaat dalam kehidupan profesional dan spiritual.
  2. Berbuat Baik kepada Sesama: Melakukan amal kebaikan, seperti bersedekah, membantu yang membutuhkan, dan menyebarkan kebaikan kepada sekitar kita.
  3. Berusaha dengan Sungguh-sungguh dalam Pekerjaan: Melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan penuh dedikasi, serta mencari kesempatan untuk memberikan manfaat bagi perusahaan atau lingkungan sekitar.

Kesimpulan

Bergegas menuju hal yang bermanfaat merupakan bagian integral dalam ajaran Islam. Mengoptimalkan waktu, energi, dan upaya dalam hal-hal yang membawa kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain sangat ditekankan. Penting bagi umat Islam untuk memanfaatkan setiap momen dengan cara yang bermanfaat, baik itu dalam pendidikan, pekerjaan, amal kebaikan, maupun pengembangan diri, sehingga dapat meraih keberkahan dalam hidup dunia dan akhirat.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...