Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Kisah Keteladanan Abdullah Bin Mubarak

Abdullah bin Mubarak adalah seorang ulama terkemuka pada masanya yang hidup pada abad ke-8 Masehi. Ia dikenal karena pengetahuannya yang luas dalam ilmu hadis, fiqh (hukum Islam), dan akhlak. Meskipun demikian, ada kisah inspiratif yang bisa kita ambil dari kehidupannya yang menceritakan sikap tegasnya terhadap kejujuran, keteladanan, dan keikhlasan dalam beribadah.

Kisah tentang Kejujuran dan Keteladanan Abdullah bin Mubarak

Salah satu kisah yang sering diceritakan tentang Abdullah bin Mubarak adalah kejujurannya dalam menyampaikan kebenaran dan keteladanan dalam beribadah. Meskipun tidak terkait dengan memakan sebuah apel, kisah ini menggambarkan nilai-nilai yang sangat dihargai dalam ajaran Islam.

Suatu hari, Abdullah bin Mubarak dihadapkan pada situasi di mana seorang lelaki bertanya kepadanya, “Bagaimana pendapatmu tentang seorang yang beribadah sepanjang malam namun mencuri satu keping roti?” Abdullah bin Mubarak menjawab dengan tegas, “Dia adalah seorang pencuri yang beribadah, bukan seorang yang beribadah.”

Kisah ini menggarisbawahi pentingnya integritas dan kejujuran dalam beribadah menurut pandangan Islam. Abdullah bin Mubarak menekankan bahwa agama tidaklah hanya tentang melakukan ritual ibadah semata, tetapi juga tentang menjalani kehidupan dengan integritas dan kejujuran.

Keteladanan dalam Beribadah

Abdullah bin Mubarak adalah sosok yang dikenal karena ibadahnya yang tekun dan keteladannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beliau adalah contoh nyata tentang bagaimana seorang Muslim seharusnya hidup dengan ketulusan dalam beribadah dan berinteraksi dengan sesama.

Keteladanan dari Abdullah bin Mubarak tidak hanya berfokus pada aspek ritual ibadah, namun juga tentang memperlakukan sesama dengan baik, memberikan nasihat yang benar, dan menjalani kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam.

Kesimpulan

Abdullah bin Mubarak adalah salah satu figur penting dalam sejarah Islam yang memberikan teladan tentang pentingnya integritas, kejujuran, dan keteladanan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari pelajaran-pelajaran yang ia wariskan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani kehidupan sebagaimana yang diajarkan dalam ajaran Islam.

Avatar
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...