Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Keutamaan Menolong Orang yang Membutuhkan dalam Islam

Islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang, belas kasihan, dan tolong-menolong sesama. Salah satu ajaran utama dalam Islam adalah pentingnya menolong orang yang membutuhkan. Perbuatan ini tidak hanya dianggap sebagai tindakan kebaikan biasa, tetapi juga memiliki keutamaan yang besar dalam agama Islam.

1. Perintah Langsung dalam Al-Quran

Allah SWT telah memerintahkan umat Islam untuk menolong sesama dalam banyak ayat Al-Quran. Salah satunya terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 267 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada jual beli dan tidak ada syafaat, serta orang-orang kafir itulah yang zalim.”

Ayat ini mengajarkan bahwa memberikan dari harta yang Allah anugerahkan merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. Allah menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang menolong sesama dengan ikhlas.

2. Pesan Rasulullah SAW

Rasulullah Muhammad SAW juga memberikan banyak ajaran tentang pentingnya menolong orang yang membutuhkan. Beliau bersabda:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain.”

Pesan ini menggambarkan pentingnya berkontribusi dalam membantu dan memberi manfaat kepada orang lain, karena dengan demikian kita dapat meraih kebaikan sejati.

3. Pahala yang Besar

Dalam Islam, setiap amal kebaikan yang dilakukan kepada sesama manusia mendapat pahala yang besar dari Allah SWT. Menolong orang yang membutuhkan termasuk dalam amal kebaikan yang dijanjikan pahalanya dalam surga. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang meringankan kesulitan seorang muslim, niscaya Allah akan meringankan baginya kesulitan di dunia dan di akhirat.”

Advertisement. Scroll to continue reading.

4. Menolong Memberikan Kesejahteraan Batin dan Duniawi

Menolong orang lain tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi juga dapat memberikan kesejahteraan batiniah. Saat seseorang membantu orang yang membutuhkan, ia akan merasakan kepuasan batin yang mendalam. Selain itu, tindakan ini juga dapat menciptakan hubungan yang lebih baik antara sesama manusia, menciptakan atmosfer persaudaraan yang erat.

5. Membangun Masyarakat yang Lebih Baik

Dalam Islam, menolong orang yang membutuhkan adalah bagian dari membangun masyarakat yang lebih baik. Dengan adanya rasa saling peduli dan tolong-menolong, masyarakat akan menjadi lebih harmonis dan sejahtera. Ini sejalan dengan prinsip-prinsip Islam yang mendorong kesetaraan, keadilan, dan cinta kasih antar sesama manusia.

6. Contoh Teladan dari Sejarah Islam

Sejarah Islam dipenuhi dengan contoh-contoh dari kehidupan para sahabat Rasulullah SAW yang gigih dalam menolong orang lain. Kisah tentang kebaikan dan kemurahan hati mereka menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk mengikuti jejak mereka dalam menolong sesama.

Penutup

Menolong orang yang membutuhkan adalah bagian integral dari ajaran Islam. Hal ini tidak hanya merupakan tindakan mulia, tetapi juga merupakan perintah Allah SWT yang jika dikerjakan dengan ikhlas, akan mendatangkan banyak keberkahan dan pahala. Oleh karena itu, marilah kita sebagai umat Islam, terus berupaya untuk membantu dan menolong sesama dengan tulus ikhlas agar kita dapat meraih keutamaan yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Intan Jahni
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...