Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Saat Rasulullah SAW Bersikap Tegas

Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok yang penuh kasih sayang, lembut, dan penuh pengertian. Namun, ada beberapa situasi di mana beliau bersikap tegas, terutama dalam hal-hal yang menyangkut kepentingan umat dan penegakan hukum Islam. Berikut adalah beberapa contoh di mana Rasulullah menunjukkan sikap tegas:

  1. Penegakan Ajaran Islam: Rasulullah menegakkan ajaran Islam dengan tegas, terutama ketika ajaran tersebut diabaikan atau diperlakukan secara sembarangan oleh umat. Beliau tidak kompromi terhadap prinsip-prinsip dasar agama, seperti shalat, zakat, puasa, dan lainnya.
  2. Pemeliharaan Keadilan: Rasulullah sangat tegas dalam menjaga keadilan, baik dalam menyelesaikan sengketa di antara umat Islam maupun dalam menghadapi tindakan penindasan atau ketidakadilan.
  3. Kepemimpinan dan Disiplin: Sebagai pemimpin umat Islam, Rasulullah menunjukkan sikap tegas dalam hal disiplin dan kepemimpinan. Beliau memberikan perintah yang jelas dan tegas kepada para sahabat dalam situasi-situasi tertentu.
  4. Pemberantasan Keburukan: Rasulullah tegas dalam pemberantasan keburukan, seperti minuman keras, perjudian, dan perilaku tidak senonoh. Beliau mengambil langkah-langkah tegas untuk menghapus praktik-praktik yang bertentangan dengan nilai-nilai agama Islam.
  5. Pertahanan Terhadap Agama: Dalam mempertahankan agama Islam, Rasulullah bersikap tegas terhadap siapapun yang berusaha merusak agama, baik dari kalangan musuh-musuh Islam maupun orang-orang yang ingin mempengaruhi umat Islam dengan ajaran yang bertentangan dengan Islam.

Namun, penting untuk diingat bahwa sikap tegas Rasulullah selalu diimbangi dengan kasih sayang, kesabaran, dan kebijaksanaan. Beliau tidak pernah menggunakan kekerasan atau tindakan yang melanggar prinsip-prinsip keadilan dalam menegakkan ajaran Islam. Sikap tegasnya selalu didasari oleh keinginan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan, serta memastikan perlindungan terhadap umat Islam dari ancaman yang merusak agama dan kehidupan mereka.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...