Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Hikmah Beriman Kepada Qadha dan Qadar

Sejak zaman azali, sebelum alam semesta ini tercipta, Allah SWT telah menetapkan ketetapan-Nya yang dikenal sebagai Qadha dan Qadar. Ini adalah ketetapan ilahi yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan mahluk-Nya. Beriman kepada Qadha dan Qadar berarti sepenuh hati percaya bahwa Allah SWT telah menentukan semua yang akan terjadi pada mahluk-Nya, termasuk manusia, sejak zaman azali.

Meskipun semua sudah tertulis dalam takdir Allah SWT, bukan berarti kita sebagai manusia harus bermalas-malasan dan hanya menunggu nasib tanpa berusaha. Sebaliknya, keberhasilan hanya dapat dicapai melalui usaha dan ikhtiar yang sungguh-sungguh.

Bukti Adanya Qadha dan Qadar

Qur’an Surah Al-Qamar (54:49) menyatakan, “Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” Ini menggambarkan bagaimana Allah menciptakan semua hal dengan ketentuan-Nya.

Hadis dari Rasulullah SAW, yang tercatat dalam HR. Muslim, menjelaskan bahwa Allah telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi.

Jenis-Jenis Takdir

  1. Takdir Muallaq: Takdir ini dapat berubah jika manusia berusaha mengubahnya. Ini mengingatkan kita bahwa usaha keras kita dapat mengubah nasib kita, seperti meningkatkan kekayaan atau pengetahuan.
  2. Takdir Mubram: Takdir ini tidak dapat diubah oleh manusia, seperti kematian dan jodoh. Semua ini telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Fungsi Keyakinan dalam Qadha dan Qadar

  1. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi: Keyakinan dalam Qadha dan Qadar mendorong manusia untuk memahami alam semesta yang diciptakan sesuai dengan ketentuan-Nya. Ini memicu kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita nikmati saat ini.
  2. Mencegah Sifat Sombong: Orang yang meyakini Qadha dan Qadar cenderung lebih rendah hati karena mereka tahu bahwa semua yang mereka miliki bukan hanya hasil usaha mereka, tetapi juga ketetapan Allah.
  3. Melatih Baik Sangka: Keyakinan ini mengajarkan kita untuk berbaik sangka kepada Allah SWT. Kita menyadari bahwa setiap takdir Allah pasti memiliki hikmah di baliknya.
  4. Melatih Kesabaran: Orang yang meyakini Qadha dan Qadar akan lebih sabar dalam menghadapi kegagalan, karena mereka tahu bahwa semua yang terjadi sudah ditentukan oleh Allah SWT.
  5. Menghilangkan Rasa Takut: Keyakinan ini menghilangkan rasa takut dan keraguan dalam diri seseorang, karena mereka tahu bahwa takdir Allah tidak akan berubah.

Hikmah Iman dalam Qadha dan Qadar

  • Selalu bersyukur atas nikmat Allah, karena kita percaya bahwa takdir-Nya adalah yang terbaik.
  • Menjaga kerendahan hati karena kita tahu bahwa segala sesuatu adalah hasil kehendak Allah.
  • Tetap optimis dan tidak putus asa ketika menghadapi kegagalan, karena Allah mungkin memiliki rencana yang lebih baik.
  • Mempelajari kesabaran dan tawakal kepada Allah.
  • Memiliki ketenangan batin karena kita tahu bahwa segala sesuatu adalah bagian dari rencana Allah yang sempurna.
Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...