Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Misteri Tanggal Kelahiran Nabi Muhammad SAW

RUANGSUJUD.COM – Tanggal lahir Nabi Muhammad SAW masih jadi misteri, guys. Ada lima pendapat berbeda dari para ulama tentang tanggal kelahiran beliau.

Pendapat pertama mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awal. Pendapat ini merupakan pendapat yang paling masyhur dan diyakini oleh mayoritas ulama.

Pendapat kedua mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 2 Rabiul Awal. Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Abdil Barr dalam kitabnya al-Isti’ab.

Pendapat ketiga mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 8 Rabiul Awal. Pendapat ini dikemukakan oleh Al-Mas’udi dalam kitabnya Muruj al-Dhahab wa Ma’adin al-Jawhar.

Pendapat keempat mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 10 Rabiul Awal. Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Dihyah dan diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dari Abu Ja’far Al-Baqir.

Pendapat kelima mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW lahir pada tanggal 9 Rabiul Awal. Pendapat ini dikemukakan oleh Mahmud al-Falaki al-Mashry, pakar ilmu falak asal Mesir.

Kenapa tanggal lahir Nabi Muhammad SAW bisa beda-beda? Ada beberapa faktor, guys:

  • Nggak ada catatan sejarah yang pasti.
  • Beda metode perhitungan hari dan bulan dalam Islam.
  • Beda interpretasi terhadap beberapa riwayat yang berkaitan dengan tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Meskipun tanggal lahirnya nggak diketahui pasti, umat Islam tetap memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tahun pada tanggal 12 Rabiul Awal. Peringatan ini disebut dengan Maulid Nabi.

Jadi, meskipun tanggal lahir Nabi Muhammad SAW masih misteri, kita tetap bisa merayakan Maulid Nabi sebagai bentuk rasa cinta dan syukur kita kepada beliau. Selamat Maulid Nabi, guys!

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...