Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Tuntunan Rumah Tangga Sakinah dalam Ajaran Islam

Rumah tangga yang harmonis dan damai adalah cita-cita setiap pasangan Muslim yang menjalankan kehidupan berumah tangga. Islam sebagai agama yang komprehensif memberikan tuntunan yang jelas mengenai bagaimana membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah (harmonis, penuh kasih sayang, dan penuh kasih sayang) sebagaimana diuraikan dalam Al-Quran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Fondasi Tuntunan Rumah Tangga Sakinah dalam Islam

  1. Iman dan Takwa: Fondasi utama dalam membangun rumah tangga yang sakinah adalah iman dan takwa kepada Allah SWT. Pasangan suami istri yang memiliki iman yang kuat akan saling mendukung dalam meningkatkan ibadah, taqwa, dan kesalehan, serta senantiasa mengingat Allah dalam setiap langkah kehidupan mereka.
  2. Kesalingan Pengertian dan Kasih Sayang: Al-Quran menegaskan pentingnya kesalingan pengertian dan kasih sayang antara suami istri sebagai fondasi utama dalam membina rumah tangga yang harmonis (Q.S. Ar-Rum: 21). Nabi Muhammad SAW juga mencontohkan bagaimana beliau bersikap lembut, penuh kasih sayang, dan pengertian terhadap istri-istrinya.
  3. Komitmen terhadap Keluarga: Islam menekankan pentingnya komitmen yang kuat terhadap keluarga. Suami diwajibkan memberikan nafkah dan perlindungan kepada istri serta keluarganya, sedangkan istri dianjurkan menjaga rumah tangga dan mendidik anak-anak dengan baik.

Etika dan Tuntunan Praktis dalam Rumah Tangga Menurut Islam

  1. Komunikasi yang Baik: Islam mendorong adanya komunikasi yang baik antara suami istri. Rasulullah SAW memberikan contoh komunikasi yang santun dan penuh hikmah dalam memecahkan permasalahan keluarga.
  2. Penghargaan dan Kehormatan: Islam mengajarkan agar suami dan istri saling menghormati dan menghargai peran serta kontribusi masing-masing dalam rumah tangga. Hal ini akan mempererat ikatan emosional dan spiritual di antara keduanya.
  3. Keterlibatan dalam Urusan Keluarga: Suami dan istri di Islam diajarkan untuk bekerjasama dalam mengurus urusan rumah tangga. Keterlibatan bersama dalam pengasuhan anak, keputusan-keputusan penting, dan tanggung jawab atas rumah tangga merupakan tuntunan yang ditekankan.
  4. Pemahaman dan Pengamalan Terhadap Ajaran Islam: Menjadi penting bagi pasangan suami istri untuk memperdalam pemahaman agama dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ini termasuk dalam hal ibadah, akhlak, dan hubungan sosial dengan keluarga serta tetangga.

Menghadapi Tantangan dan Konflik dalam Rumah Tangga

Tidak terhindar dari adanya konflik dalam rumah tangga. Namun, Islam memberikan tuntunan untuk menghadapi konflik tersebut dengan cara yang bijaksana dan penuh rahmat. Solusi terbaik adalah dengan saling memberi maaf, berusaha memahami sudut pandang pasangan, dan menyelesaikan permasalahan dengan musyawarah dan kesepakatan.

Rumah tangga yang sakinah merupakan fondasi penting dalam membangun masyarakat yang kokoh dan sejahtera. Dengan mengikuti tuntunan agama Islam dalam membangun hubungan suami istri, keluarga Muslim dapat merasakan kedamaian, kebahagiaan, dan berkah dalam kehidupan sehari-hari mereka. Semoga setiap keluarga Muslim mampu mewujudkan rumah tangga yang sakinah sesuai dengan ajaran Islam yang mulia.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...