Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Anas Bin Malik, Pelayan Nabi Periwayat Banyak Hadits

Dalam sejarah Islam, Anas bin Malik adalah salah satu dari sahabat terkemuka Rasulullah SAW yang terkenal karena kesetiaan, pengabdian, dan cintanya yang mendalam terhadap Nabi Muhammad SAW. Anas bin Malik lahir di Mekah dan memiliki kehormatan besar karena dipilih untuk menjadi pelayan dan sahabat dekat Rasulullah SAW sejak usia muda.

Kisah Anas bin Malik dimulai ketika ibunya membawa Anas ke Rasulullah SAW untuk meminta izin agar Anas dapat melayani dan belajar dari Nabi. Ketika itu, Anas masih berusia sekitar 10 tahun. Rasulullah SAW menerima permintaan ibu Anas dan mengizinkan Anas untuk tinggal bersama beliau.

Sejak saat itu, Anas bin Malik menjadi pelayan pribadi Rasulullah SAW di Madinah. Anas menghabiskan waktu bersama Nabi, melayani beliau, dan belajar dari ajaran dan perilaku mulia Rasulullah. Kebersamaan yang panjang antara Anas dan Rasulullah membuat Anas menjadi salah satu sahabat yang paling akrab dan paling mengenal kebiasaan serta perilaku Rasulullah.

Anas bin Malik memandang Rasulullah SAW dengan penuh rasa hormat, kasih sayang, dan kesetiaan yang luar biasa. Meskipun masih muda pada saat itu, Anas sangat tekun dalam mengikuti setiap ajaran dan tindakan Rasulullah. Beliau menyaksikan banyak kejadian penting dan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan Rasulullah, dan mengingat dengan baik setiap kata dan perbuatan beliau.

Ketika Rasulullah SAW berpindah ke Madinah, Anas bin Malik menjadi bagian dari keluarga beliau. Anas tidak hanya melayani Nabi, tetapi juga membantu dan menjaga keluarga Rasulullah dengan penuh kesetiaan dan dedikasi. Anas menjadi saksi terhadap kehangatan, kebaikan, dan kedermawanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari.

Kesetiaan Anas terhadap Rasulullah SAW tercermin dalam berbagai kejadian. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah ketika Anas dipanggil oleh Rasulullah untuk melakukan suatu tugas. Anas tidak segera menanggapi panggilan tersebut karena ia sedang sibuk bermain bersama teman-temannya. Namun, setelah melihat kebaikan dan kesabaran Rasulullah, Anas segera menjawab panggilan beliau meskipun terlambat.

Selain itu, Anas bin Malik juga merupakan saksi dari banyak kebaikan dan kelembutan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW selalu bersikap lembut, penuh kasih sayang, dan penuh pengertian terhadap Anas. Beliau memberikan nasihat, petunjuk, dan pelajaran berharga kepada Anas sehingga Anas tumbuh menjadi seorang yang berakhlak mulia.

Anas bin Malik terus melayani Rasulullah SAW hingga beliau wafat. Setelah wafatnya Nabi, Anas tetap meneruskan warisan ilmu dan ajaran Rasulullah kepada generasi berikutnya. Anas adalah salah satu sahabat yang mempunyai umur panjang, sehingga ia menceritakan banyak hadis dan pengalaman pribadi bersama Rasulullah kepada generasi setelahnya.

Kisah Anas bin Malik menjadi teladan bagi umat Islam dalam hal kesetiaan, pengabdian, dan cinta kepada Rasulullah SAW. Anas menunjukkan contoh yang luar biasa dalam pengabdian kepada beliau serta bagaimana kebersamaan dengan Rasulullah memengaruhi dirinya dalam menjadi pribadi yang baik dan berakhlak mulia. Semoga kisah perjalanan hidup Anas bin Malik menjadi inspirasi bagi kita untuk meneladani ketekunan, kesetiaan, dan pengabdian kepada ajaran-ajaran Islam yang mulia yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...