Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Inilah 2 Hal Yang Sering Disia-Siakan Manusia

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia sering kali terjebak dalam rutinitas yang sibuk, kesibukan yang tak kenal lelah, dan fokus pada kebutuhan materi. Dalam ketergesa-gesaan dan keasyikan dengan urusan duniawi, ada dua hal penting yang sering disia-siakan oleh manusia: waktu dan introspeksi diri.

  1. Waktu

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an (103:1-2), “Demi masa (waktu), sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.” Waktu adalah aset berharga yang seringkali tidak disadari nilainya oleh manusia. Setiap detik, menit, dan jam yang berlalu adalah bagian dari karunia yang diberikan Allah, namun sering kali tidak dimanfaatkan secara efektif.

Terlalu sering manusia terbuai dalam kesibukan dunia, lupa bahwa waktu adalah amanah yang harus diisi dengan amal yang baik. Terjebak dalam hiruk-pikuk kehidupan, seringkali waktu terbuang sia-sia dalam aktivitas yang tidak produktif atau bahkan terjerumus dalam hal yang tidak bermanfaat.

Dalam Islam, penting bagi manusia untuk menghargai setiap detik waktu yang diberikan. Waktu adalah kesempatan untuk beribadah, untuk memperbaiki diri, dan untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan memanfaatkan waktu dengan bijak, manusia dapat mengisi setiap detiknya dengan hal-hal yang bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Meluangkan waktu untuk beribadah, belajar, bekerja, berinteraksi dengan keluarga, serta memberikan manfaat kepada masyarakat adalah bentuk penghargaan terhadap karunia waktu yang diberikan Allah.

  1. Introspeksi Diri

Introspeksi diri, atau muhasabah, adalah hal yang sering terabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Manusia sering kali sibuk dengan urusan luar dan melupakan pentingnya refleksi terhadap diri sendiri. Muhasabah adalah proses kritis mengevaluasi diri sendiri, meninjau perbuatan dan sikap, serta memperbaiki kekurangan yang ada.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an (59:18-19), “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap jiwa memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok.” Introspeksi diri adalah bagian dari kesadaran spiritual yang penting dalam Islam. Manusia harus senantiasa merenungkan perbuatan dan kesalahan yang telah dilakukannya, serta berusaha memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

Melalui muhasabah, seseorang dapat menemukan kekurangan dan kesalahan dalam dirinya sendiri, kemudian berusaha untuk memperbaikinya. Tidak hanya itu, introspeksi diri juga membantu seseorang untuk memperoleh kedamaian batin, meningkatkan kesadaran diri, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbaiki kualitas spiritualnya.

Dalam kehidupan modern yang serba cepat dan penuh dengan kebisingan informasi, penting bagi manusia untuk menyempatkan waktu untuk introspeksi diri. Menghabiskan waktu sejenak untuk merenungkan perilaku, niat, dan hubungan dengan Allah merupakan investasi berharga bagi pertumbuhan spiritual.

Dengan memperhatikan nilai waktu dan menjalani muhasabah secara rutin, manusia dapat menemukan makna yang lebih dalam dalam kehidupannya. Melalui penghormatan terhadap waktu serta refleksi diri yang mendalam, manusia dapat meraih keberkahan dalam setiap langkahnya menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih bermakna.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...