Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Ciri Orang Bertakwa Menurut Al-Quran

Ciri Orang Bertakwa Menurut Al-Quran

Al-Quran memberikan banyak gambaran tentang sifat dan karakter orang bertakwa. Di antara ciri-ciri tersebut adalah:

1. Takwa pada Allah

Orang bertakwa adalah mereka yang memiliki kesadaran yang tinggi akan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan mereka. Mereka senantiasa menjaga hubungan yang kuat dengan Allah dan berusaha untuk selalu mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Ketaatan Terhadap Ajaran Agama

Orang bertakwa mematuhi ajaran-ajaran agama yang terkandung dalam Al-Quran dan sunnah Rasulullah SAW. Mereka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh kesungguhan.

3. Kehati-hatian dalam Perilaku

Orang bertakwa menjaga perilaku dan ucapan mereka agar senantiasa sesuai dengan ajaran agama. Mereka berusaha untuk tidak melanggar nilai-nilai moral dan etika yang diajarkan oleh Islam.

4. Tawakkal dan Kepedulian Terhadap Sesama

Orang bertakwa memiliki kepercayaan yang kuat kepada Allah (tawakkal) dan selalu memperlihatkan kepedulian terhadap kesejahteraan dan kebutuhan sesama.

5. Mempertahankan Keadilan

Mereka senantiasa menjaga keadilan dalam segala aspek kehidupan, baik dalam tindakan, perkataan, maupun sikap terhadap orang lain.

6. Ketaatan dalam Ketaatan

Orang bertakwa tidak hanya bertakwa dalam hal-hal yang mudah atau terlihat, tetapi juga dalam hal-hal yang lebih sulit atau tidak terlihat oleh orang lain.

Kesimpulan

Ciri-ciri orang bertakwa menurut Al-Quran menunjukkan bahwa takwa adalah pondasi utama dalam menjalani kehidupan yang benar di jalan Allah. Orang bertakwa adalah mereka yang senantiasa menjaga hubungan yang kuat dengan Allah, mematuhi ajaran-Nya, berperilaku baik, berbuat adil, serta peduli terhadap sesama.

Mencari takwa adalah perjalanan yang terus menerus bagi setiap Muslim. Menggali Al-Quran untuk memahami lebih dalam tentang sifat dan karakter orang bertakwa adalah langkah awal yang sangat penting.

Advertisement. Scroll to continue reading.

.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COMĀ – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...