Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Peristiwa Besar Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Peristiwa Besar Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW, sosok yang menjadi rahmat bagi seluruh alam, merupakan peristiwa besar yang membawa harapan, berkah, dan cahaya bagi umat manusia. Beberapa peristiwa penting terjadi pada saat kelahiran beliau yang menjadi bagian dari keajaiban dan tanda-tanda luar biasa atas kedatangan utusan terakhir Allah SWT ke dunia.

1. Berita Pemberitahuan Kedatangan Nabi

Sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW, banyak tanda-tanda yang menjadi pertanda kehadiran seorang rasul besar. Para nabi sebelumnya telah memberikan kabar gembira tentang kedatangan seorang utusan Allah yang agung dan luar biasa.

2. Kesucian Kelahirannya

Kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan kelahiran yang suci dan luar biasa. Beliau dilahirkan dalam keadaan penuh kemuliaan dan kesucian, tanpa cela atau aib yang melekat.

3. Peristiwa Cahaya di Tempat Kelahiran

Pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, banyak riwayat yang menyebutkan bahwa cahaya terang terlihat menyinari sekitar tempat kelahirannya. Cahaya ini menjadi tanda keajaiban atas kehadiran beliau.

4. Keajaiban di Alam Semesta

Selain cahaya yang menyertai kelahirannya, banyak kejadian alam yang menakjubkan terjadi saat itu. Beberapa riwayat menyebutkan bahwa air sungai Nil di Mesir berhenti mengalir untuk sesaat pada saat kelahiran beliau.

5. Hilangnya Bayangan Orang-Orang Terkemuka

Sebagian riwayat juga menyebutkan bahwa pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, bayangan orang-orang terkemuka di istana Romawi yang berada jauh dari Mekah tiba-tiba menghilang.

6. Peristiwa Penjagaan Ka’bah yang Terbuka

Ka’bah, bangunan suci di Mekah, pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW mengalami peristiwa luar biasa. Pintu-pintu yang terkunci dengan erat secara ajaib terbuka dengan sendirinya.

7. Kisah Menyusui oleh Halimah Sa’diyah

Setelah kelahiran, Nabi Muhammad SAW disusui oleh Halimah Sa’diyah, seorang wanita Badui yang memberikan kasih sayang dan perlindungan kepada beliau. Hal ini menjadi bagian penting dari perjalanan awal hidup Nabi Muhammad SAW.

Makna Peristiwa-Peristiwa Besar ini

Peristiwa-peristiwa besar yang menyertai kelahiran Nabi Muhammad SAW menunjukkan keajaiban dan tanda-tanda luar biasa yang menyertai kedatangan seorang rasul. Ini bukanlah sekadar peristiwa fisik, tetapi juga menjadi bukti keajaiban dan rahmat Allah SWT yang memberikan tanda-tanda dan cahaya bagi umat manusia.

Kesimpulan

Kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa besar yang disertai dengan berbagai keajaiban dan tanda-tanda luar biasa. Dari cahaya yang menyertai kelahirannya hingga peristiwa alam yang menakjubkan, semua ini menjadi tanda kehadiran utusan terakhir Allah SWT. Peristiwa-peristiwa besar ini menggambarkan betapa pentingnya kedatangan beliau sebagai rahmat bagi seluruh alam dan menjadi bagian integral dari sejarah dan keyakinan umat Islam.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Hikmah

Ibrahim bin Adham, seorang tokoh sufi yang terkenal dalam sejarah Islam, dikenal dengan nasihat-nasihatnya yang tajam dan mendalam. Nasihat-nasihatnya tidak hanya mengingatkan kita tentang...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...