Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hikmah

Prinsip-Prinsip Akhlak Seorang Muslim

Diskusi mengenai persoalan akhlak dalam Islam selalu menjadi perbincangan yang mendalam. Al-Qur’an dan Al-Hadits, sebagai sumber utama ajaran Islam, memberikan pedoman-pedoman etika yang menjadi dasar bagi tindakan sehari-hari manusia. Ajaran ini menguraikan konsep baik dan buruk dalam berperilaku.

Akhlak Islami adalah sistem moral yang berakar pada Islam. Ini berlandaskan pada akidah yang diturunkan Allah kepada para Nabi dan Rasul, yang kemudian disampaikan kepada seluruh umat manusia.

Beberapa ciri khas dari akhlak Islam mencakup:

  1. Kebajikan yang Mutlak: Akhlak Islam mendorong pencapaian kebajikan secara mutlak, baik dalam tindakan maupun niat.
  2. Kebaikan yang Menyeluruh: Ajaran ini mendorong keseluruhan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Kemantapan: Akhlak Islam mengajarkan keteguhan dalam menjalankan prinsip-prinsip moral.
  4. Kewajiban yang Harus Dipatuhi: Umat Muslim diwajibkan untuk mematuhi prinsip-prinsip moral Islam dalam segala aspek kehidupan mereka.

Dr. Sahilun A. Nasir menggambarkan bahwa akhlak Islam berkisar pada:

a. Tujuan Hidup Muslim: Yaitu untuk menghambakan diri kepada Allah, mencari keridhaan-Nya, dan mencapai kebahagiaan lahir dan batin, baik di dunia maupun di akhirat.

b. Keyakinan Terhadap Wahyu Allah dan Sunnah Rasul: Keyakinan ini menjadi landasan moral utama bagi setiap Muslim, tanpa tekanan dari luar.

c. Keyakinan Akan Hari Kemudian: Keyakinan ini mendorong manusia untuk berbuat baik dan menjadi manusia yang baik dengan pengabdian kepada Allah.

d. Berasaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits: Ajaran akhlak Islam didasarkan pada ajaran Al-Qur’an dan Al-Hadits yang diinterpretasikan oleh ulama mujtahid.

e. Moral Sesuai Nurani: Tuntutan moral dalam Islam sesuai dengan nurani manusia, yang cenderung kepada kebaikan dan menolak keburukan.

Nabi Muhammad diutus untuk menjadi teladan akhlak yang sempurna. Beliau adalah pedoman bagi umat Islam dalam menerapkan akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dengan demikian, Islam memberikan perhatian yang besar pada budi pekerti yang baik, dan Nabi Muhammad adalah contoh yang sempurna yang harus diikuti oleh umat Islam dalam menjalani kehidupan mereka.

Emilia Rahmah
Written By

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...