Connect with us

Hi, what are you looking for?

Sirah

Tips Sehat Ala Rasulullah SAW

Kesehatan adalah aset paling berharga dalam hidup kita. Terkadang, kita hanya menyadari pentingnya kesehatan saat penyakit datang. Penyesalan pun sering datang pada saat-saat seperti ini. Namun, kita dapat menghindari penyesalan ini dengan menjaga kesehatan kita sejak dini. Mari kita lihat bagaimana Rasulullah ﷺ memberikan contoh dalam menjaga kesehatan.

  1. Bangun Sebelum Shubuh: Salah satu kebiasaan sehat Rasulullah adalah selalu bangun sebelum shubuh. Beliau mengajak umatnya untuk melaksanakan shalat sunah dan shalat shubuh secara berjamaah. Selain mendapat pahala, udara segar di pagi hari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat akal pikiran.
  2. Menjaga Kebersihan: Rasulullah senantiasa menjaga kebersihan. Beliau rajin mencuci rambut, memotong kuku, bersikat gigi, dan menggunakan minyak wangi. Ini adalah tindakan yang tidak hanya menjaga kebersihan fisik tetapi juga memberikan rasa segar dan nyaman.
  3. Makan dengan Bijak: Rasulullah mengajarkan untuk tidak makan berlebihan. Beliau bersabda bahwa manusia sebaiknya tidak makan sebelum lapar dan tidak makan sampai kenyang. Tubuh manusia memiliki tiga ruang untuk udara, air, dan makanan, sehingga penting untuk menggunakan ruang makanan secara bijak.
  4. Berjalan Kaki: Rasulullah sering berjalan kaki, baik ke masjid, pasar, medan perang, maupun untuk mengunjungi sahabat-sahabatnya. Berjalan kaki dapat meningkatkan peredaran darah dan membantu mencegah penyakit jantung.
  5. Menjaga Emosi: Rasulullah mengingatkan umatnya untuk tidak mudah marah. Beliau memberikan tips untuk mengatasi kemarahan, seperti mengubah posisi tubuh, berwudhu, dan melaksanakan shalat. Hal ini membantu menjaga kesehatan jiwa dan fisik.
  6. Optimisme dan Keteguhan: Sikap optimis dan tidak putus asa adalah hal penting dalam menjaga kesehatan mental. Rasulullah mendorong umatnya untuk bersabar, bekerja keras, dan tawakkal kepada Allah.
  7. Tidak Iri Hati: Rasulullah mengajarkan agar kita tidak merasa iri hati terhadap orang lain. Ini adalah langkah penting untuk menjaga stabilitas dan kesehatan jiwa.
  8. Sifat Pemaaf: Rasulullah mencontohkan sifat pemaaf yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jiwa. Dengan memaafkan orang lain, kita dapat menghindari kemarahan yang merugikan.

Menjaga kesehatan adalah salah satu bentuk ibadah, dan Rasulullah memberikan contoh yang baik dalam hal ini. Dengan mengikuti pedoman-pedoman sehat ala Rasulullah ini, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita, sehingga kita dapat menghindari penyesalan di masa depan. Semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari contoh-contoh sehat yang diberikan oleh Rasulullah.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...