Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kabar

Muhammadiyah dan Mufti Polandia Bahas Rencana Kerja Sama

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Warsawa, Mufti Polandia, Tomasz Miśkiewicz, dan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, membahas potensi kerja sama antara kaum muslim di Polandia dan Indonesia.

Abdul Mu’ti menjelaskan, “Kami berbagi informasi, pengalaman, tantangan, dan peluang kerjasama muslim Indonesia, khususnya Muhammadiyah dengan Polandia dalam berbagai bidang.” Pertemuan berdurasi sekitar satu jam ini mencerminkan niat baik kedua belah pihak untuk meningkatkan hubungan antara komunitas Muslim di kedua negara.

Salah satu inisiatif yang dibahas adalah program beasiswa yang akan diberikan oleh Muhammadiyah kepada kaum muslim di Polandia yang ingin melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA). Abdul Mu’ti juga menegaskan bahwa Muhammadiyah siap untuk menjajaki kerja sama lainnya dengan muslim Polandia.

Mu’ti juga mengundang Mufti Polandia untuk berkunjung kembali ke Indonesia dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ini bukan kali pertama Mufti Tomasz Miśkiewicz mengunjungi PP Muhammadiyah, sebelumnya ia pernah mengunjungi kantor tersebut pada tahun 2011.

Selain pembahasan kerja sama bilateral, pertemuan ini juga membahas tentang kondisi kaum muslim di Polandia, yang jumlahnya mencapai 100.000 orang dari total 37 juta penduduk negara tersebut.

Turut hadir dalam pertemuan ini perwakilan dari Pusat Studi Perbandingan Peradaban Jagillonian University di Krakow, Dr. Merek Maroñ, bersama dengan diplomat dari KBRI Warsawa, Muhammad Afif, dan Nike.

Kunjungan Abdul Mu’ti ke Polandia ini merupakan kelanjutan dari partisipasinya dalam forum dialog dan perdamaian internasional antar pemuka agama yang diadakan oleh komunitas Sant’Egidio di Berlin, Jerman pada tanggal 10-12 September 2023. Abdul Mu’ti berharap pertemuan singkat ini dapat membuka pintu untuk kerja sama jangka panjang antara Muhammadiyah dan komunitas muslim di Polandia.

Robby Karman
Written By

Penulis, Peminat Kajian Sosial dan Keagamaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait

Kajian

KITA TAHU negara muslim atau negara dengan mayoritas penduduk muslim saat ini rata-rata tertinggal dari negara-negara dari negara Eropa atau Asia Timur. Hal ini...

Kajian

Metode tafsir maudhu’i, juga dikenal sebagai metode tematik, adalah cara mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran yang memiliki maksud yang sama, membahas topik yang sama, dan menyusunnya...

Kabar

RUANGSUJUD.COM – Nama Nupur Sharma mendadak menjadi perbincangan publik. Pernyataan petinggi partai penguasa, Bharatya Janata Party (BJP) membuat kontroversi. Dalam sebuah debat di media Times Now, Sharma...

Opini

RUANGSUJUD.COM – Bagi kita semua kata taqwa tentu sudah bukan menjadi suatu yang asing, kata yang berasal dari Bahasa arab ini sudah melebur dalam tradisi...